Seorang petugas tengah memeriksa suhu tubuh penumpangdi po lintas negara. Foto: ANT/Jessica
Seorang petugas tengah memeriksa suhu tubuh penumpangdi po lintas negara. Foto: ANT/Jessica

Palembang Perketat Kedatangan Penumpang dari Luar Negeri

Nasional virus korona
Antara • 25 Januari 2020 12:44
Jakarta: Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kota Palembang, Sumatera Selatan melakukan pengawasan ketat terhadap penumpang pesawat udara di terminal kedatangan luar negeri Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II. Tindakan ini untuk mencegah masuknya virus korona.
 
"Untuk melakukan pengawasan kondisi kesehatan penumpang pesawat yang datang dari luar negeri, diturunkan sejumlah petugas di terminal kedatangan dengan dilengkapi peralatan pendeteksi suhu tubuh (thermoscan)," kata Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kota Palembang, Merry, Sabtu, Jakarta, 25 Jnauari 2020.
 
Mery menyampaikan setiap penumpang pesawat yang masuk ke terminal kedatangan dideteksi suhu tubuhnya. Bila suhu tubuhnya tinggi akan dilakukan pengecekan untuk mengetahui penyebabnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika diperiksa oleh tim medis kondisinya mengalami ganggguan kesehatan biasa, diizinkan untuk pulang ke rumah atau menuju tempat aktivitas yang direncanakan. Namun, jika terdeteksi terinfeksi virus Korona akan diberikan tindakan pengobatan dan dikarantina agar tidak menularkan kepada orang lain," katanya.
 
Dia menuturkan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang menyiagakan petugas dan thermoscan sejak Kamis, 23 Januari 2020.
 
Sesuai instruksi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. seluruh satuan kesehatan yang ada di bandara internasional dan pelabuhan untuk melakukan pemeriksaan setiap orang yang datang. Ini penting untuk mencegah masuknya virus yang berasal dari Wuhan, China.
 
Petugas yang melakukan pengawasan kedatangan penumpang pesawat udara dan kapal laut dari luar negeri belum menemukan satupun orang yang dicurigai terjangkit virus korona. Melalui upaya pencegahan itu diharapkan Kota Palembang dan wilayah Sumsel lainnya terbebas dari virus tersebut.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif