Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara (kiri). Foto: Adi Kristiadi/MI
Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara (kiri). Foto: Adi Kristiadi/MI

Keluarga Dinilai Menentukan Tumbuh Kembang Anak

Nasional tumbuh kembang anak
Kautsar Widya Prabowo • 16 Januari 2020 06:37
Jakarta: Menteri Sosial Juliari Batubara mengingatkan peran keluarga sangat menentukan tumbuh kembang anak. Perilaku menyimpang mampu dihindari bila perhatian diberikan dengan cukup.
 
"Yang utama adalah keluarga. Keluarga itu kan unit terkecil. Orang tuanya harus mengawasi dengan baik dan memberikan pelajaran hidup (yang baik pula)," kata Juliari seperti dilansir Antara, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Juliari mengatakan anak sangat membutuhkan perhatian dan pelajaran hidup. "Orang tua harus terus kasih masukan ke anaknya, bimbing," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, anak tidak cukup dengan diberikan pendidikan. Pelajaran hidup berdasarkan pengalaman orang tua juga sangat dibutuhkan.
 
"Kamu itu (harus) begini kalau anak perempuan. Kamu itu (harus) begini kalau anak laki-laki. Itu saja belum tentu berhasil. Begitu dia keluar, salah bergaul, ya jadi," tuturnya.
 
Politikus PDI Perjuangan itu berharap anak-anak yang sudah kembali ke keluarga tidak kembali terjerumus dalam persoalan sosial yang sama, dan memiliki kehidupan lebih baik.
 
"Tetap meminta kepada keluarga untuk terus memberikan perlindungan dan perhatian lebih baik kepada anak, sehingga kemungkinan terkena paparan radikalisme dan perilaku menyimpang lain dapat dicegah," pungkasnya.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif