Rumah warga di Tomang, Jakbar, hangus dilalap api. Foto: Medcom.id/Cindy.
Rumah warga di Tomang, Jakbar, hangus dilalap api. Foto: Medcom.id/Cindy.

Api Merayap saat Warga Terlelap

Nasional kebakaran kebakaran rumah
Cindy • 22 Januari 2019 16:43
Jakarta: Dewi Sasmiati, 50, warga Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, terbangun 03.00 WIB, Senin, 21 Januari 2019. Matanya sejatinya masih berat lantaran baru terlelap pukul 01.00 WIB.
 
Namun, ibunya tak membiarkan Dewi untuk terus berada di kasur empuknya. Pasalnya, di luar rumah, warga terus berteriak bila ada kebakaran.
 
"Warga bilang ada kebakaran di RW 015, jauhtempatnya dari sini (rumahnya)," kata Dewi sekitar rumahnya, Jalan Tomang Raya, RT 003/RW 015, Grogol Petamburan, Selasa, 22 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Api terus merambat ke rumah-rumah warga di RW 15. Rumah Dewi pun tak luput digerogoti sang api. Dewi syok. Kesedihan langsung menyelimuti dirinya.
 
Dirinya hanya bisa pasrah melihat kepulan asap dan kobaran api sudah menjalar ke sekitar rumahnya. Yang ada dibenaknya hanyalah menyelamatkan keluarga dan surat-surat berharga.
 
"Jadi api itu kena terali dan seng fiber di lantai 3. Meleleh ke bawah, lantai 3 rumah saya habis semua," tutur Dewi.
 
Kebakaran itu melahap gudang dan satu kamar anak-anaknya. Mesin cuci, penyejuk udara, televisi, kasur, lemari pakaian, dan lainnya juga habis terbakar.
 
Baca: Kebakaran Lumpuhkan Aktivitas Warga Tomang
 
Dewi bersyukur karena kebakaran tidak menghanguskan seisi rumahnya. Pasalnya, warga serta petugas pemadam kebakaran bekerja keras menghalau api.
 
"Awalnya pemadam susah masuk, karena ada mobil di depan (tanggul Roxy Square) menghalangi mobil pemadam. Makanya jadi banyak yang kebakar," kata dia.
 
Kebakaran itu melahap 250 rumah warga di RW 11, RW 14, dan RW 15, Tomang. Sebanyak 1.251 jiwa kehilangan tempat tinggal, tetapi tidak ada korban jiwa maupun luka akibat insiden ini.
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi