NEWSTICKER
Peserta seleksi petugas haji 2020 dicek suhu tubuh. Foto: Medcom.id/ Sobih
Peserta seleksi petugas haji 2020 dicek suhu tubuh. Foto: Medcom.id/ Sobih

Seleksi Petugas Haji Menyesuaikan Protokol Pencegahan Korona

Nasional ibadah haji
Medcom • 18 Maret 2020 11:54
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) menggelar seleksi petugas haji nonkloter tingkat pusat di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Seleksi tetap dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatanan pencegahan wabah virus korona (covid-19).
 
"Di tengah keprihatinan merebaknya isu korona, seleksi ini harus tetap dilakukan karena akan berpengaruh pada proses penyelenggaraan haji secara keseluruhan," kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu, 18 Maret 2020.
 
Konsep acara pembukaan seleksi petugas haji 2020 juga disesuaikan. Biasanya, kegiatan tersebut dilakukan di dalam ruangan, tapi kini di area terbuka guna menjaga distribusi udara yang baik dan aman. 489 peserta yang hadir terdiri dari unsur internal Kemenag, TNI/Polri, dan institusi media.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Korona Jangan Jadi Penghalang Haji
 
Sebelum memasuki ruangan ujian dan melaksanakan tes, para peserta juga lebih dulu diperiksa suhu badannya. "Jika di atas 38 derajat Celcius, maka dengan sangat berat hati kami tidak mengizinkan mengikuti proses lebih lanjut," terang Zainut.
 
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali menyampaikan seleksi ini merupakan lanjutan dari proses penjaringan yang dilakukan dalam beberapa tahap sebelumnya. Peserta akan mengikuti tes dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
 
"Karena dalam rangka menyesuaikan protokol pencegahan virus korona, maka tahapan wawancara pun diganti dengan tes tulis," kata Nizar.
 
Peserta diberi kesempatan menyelesaikan tes CAT berisi 100 soal dalam waktu 60 menit, kemudian dilanjutkan dengan tes tertulis seputar teknis pelaksanaan penyelenggaraan haji dan umrah. Nizar mengimbau para peserta sebisa mungkin tetap menjaga jarak aman dan menghindari kontak fisik secara langsung.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif