Ilustrasi. (Foto: MI/Arya Manggala)
Ilustrasi. (Foto: MI/Arya Manggala)

Dana Desa Disarankan Sebagian untuk Penanganan Stunting

Nasional stunting
Anggi Tondi Martaon • 09 Februari 2020 05:00
Jakarta: Ketua Komisi IX DPR Felly Estelita Runtuwene menyarankan dana desa tak hanya diperuntukan untuk pembangunan insfraktruktur. Dana desa bisa dipakai untuk pengentasan masalah stunting.
 
"Boleh sekian persen (dana desa) untuk kesehatan masyarakat," ungkap dia," kata Felly kepada Medcom.id, Sabtu, 8 Februari 2020.
 
Pemerintah menganggarkan dana desa dalam APBN 2020 sebesar Rp72 triliun. Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp70 triliun. Rata-rata setiap desa mendapat Rp960 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anggaran pengentasan stunting juga harus menjadi perhatian pemerintah pusat. Hal itu penting untuk menyukseskan program pengentasan stunting di setiap daerah.
 
"Jadi bagaimana anggaran yang ada ini benar-benar dimaksimalkan dan tepat sasaran dengan tujuan kita yaitu membebaskan stunting," sebut dia.
 
Politikus NasDem itu meyakini, dengan dukungan anggaran dari pemerintah pusat ditambah dari dana desa, program pengentasan stunting bisa dijalankan secara bersamaan.
 
"Mari kita bagi anggaranya gitu, sekian persen untuk ini, semuanya gitu. Jadi supaya semua bisa bergerak dan serentak," ujar dia.
 
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah mulai menyalurkan dana desa tahap I pada 28 Januari 2020, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. Sampai dengan Rabu, 29 Januari 2020, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) telah menyalurkan Dana Desa sebesar Rp97,73 miliar.
 
Mengutip rilis Kemenkeu, Kamis, 30 Januari 2020, penyaluran dana desa tetap mengikuti persyaratan yang ditetapkan. Saat ini dana desa telah diberikan kepada desa-desa yang layak salur di Kabupaten Madiun, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Balangan, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Bantaeng.
 
Alokasi dana desa tahun anggaran 2020 sendiri adalah sebesar Rp72 triliun untuk 74.953 desa di seluruh Indonesia dan akan disalurkan oleh 169 KPPN. Dengan nilai tersebut, rata-rata desa akan memperoleh dana desa sebesar Rp960,6 juta atau meningkat dari rata-rata tahun lalu sebesar Rp933,9 juta.
 


 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif