Ilustrasi petugas Basarnas yang melakukan pencarian pendaki yang hilang di gunung. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi petugas Basarnas yang melakukan pencarian pendaki yang hilang di gunung. (Foto: Istimewa)

Dua Pendaki Gunung Klabat Dievakuasi

Nasional pendaki hilang
Candra Yuri Nuralam • 11 November 2019 01:51
Jakarta : Badan SAR Nasional berhasil melakukan evakuasi kepada Novita, 37 tahun, dan Daud, 29 tahun, pendaki di Gunung Klabat, Minahasa Utara, yang mengalami cedera. Basarnas langsung gerak cepat usai mendapat laporan.
 
"Bersama dengan tim SAR dari Unklab dan keluarga kemudian melakukan pencarian terhadap korban," kata Kepala Basarnas Manado Gede Darmada di Manado seperti dikutip dari Antara, Minggu 10 November 2019.
 
Gede mengatakan kedua orang itu mendapatkan cedera karena kelelahan saat mendaki. Keduanya juga memaksakan diri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Korban ditemukan di ketinggian 1.300 mdpl. Tim pencari, kata Gede, sempat kesulitan mencapai lokasi lantaran kondisi jalur basah karena habis terguyur hujan.
 
"Bersyukur pelaksanaan evakuasi itu berjalan baik dan berhasil dengan selamat. Korban kemudian diserahkan kepada keluarganya sekitar pukul 15.00 WITA," ujar Gede.
 
Lebih lanjut, Gede menghimbau kepada para pelancong agar tidak memaksakan diri saat mendaki gunung. Selain itu, para pendaki juga diminta mengetahui titik batas kondisi badannya.
 
"Fisik harus dalam keadaan bugar, kesehatan yang baik serta memiliki stamina yang bagus, sehingga tidak akan menyulitkan diri sendiri maupun keluarga," ucapnya.
 

(EKO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif