NEWSTICKER
Ilustrasi banjir. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Ilustrasi banjir. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Pemerintah Daerah Dinilai Abai pada Izin Amdal

Nasional banjir jakarta bencana banjir Jakarta Banjir
Kautsar Widya Prabowo • 07 Januari 2020 14:24
Jakarta: Pemerintah daerah dinilai kurang mengawasi pembangunan proyek perumahan sehingga tidak memiliki izin analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). Hal ini turut menyumbang banjir di Jakarta dan sekitarnya.
 
"Amdal saya pikir jadi bagian penting dampak sekitar, tapi kadang luput," kata peneliti Pusat Penelitian Tata Kota Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Galuh Syahbana dalam diskusi Pendekatan Multi Dimensi dalam Penanganan Banjir di Jabodetabek, di Gedung LIPI, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Januari 2020.
 
Galuh menyayangkan urbanisasi yang tidak terkendali membuat izin Amdal dinegosiasikan. Aspek ekonomi lebih diutamakan dari lingkungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebut mestinya pemerintah daerah lebih dulu melihat kondisi lingkungan sekitar proyek perumahan sebelum mengeluarkan izin amdal. Ini agar pembangunan proyek tidak menganggu ekosistem hingga berujung timbulnya bencana.
 
Dia menyadari pemerintah daerah mengalami dilematis. Pemerintah daerah dinilai ingin mengumpulkan pundi-pundi rupiah buat meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
 
"Dan, itu terjadi pada pemda yang dipaksa menggenjot PADnya," kata dia.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif