Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau panen padi di Indramayu, Jawa Barat. Dok Biro Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau panen padi di Indramayu, Jawa Barat. Dok Biro Setpres

Jokowi: Pemerintah Tidak Suka Impor Beras

Nasional Beras pangan presiden joko widodo Impor Beras
Nur Azizah • 21 April 2021 12:19
Indramayu: Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Indonesia swasembada beras. Dia pun mengakui tak begitu senang dengan kebijakan impor beras.
 
"Pemerintah sebetulnya tidak senang, tidak suka yang namanya impor beras," kata Jokowi di Indramayu, Rabu, 21 April 2021.
 
Namun, dia menyatakan pemerintah terpaksa mengimpor beras untuk memenuhi kebutuhan. Apalagi, Indonesia banyak diterjang bencana belakangan, sehingga kebutuhan beras cadangan melesat tajam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah hitung-hitungan banyak yang kena banjir, pandemi. Waduh ini kurang, sehingga perlu tambahan untuk cadangan," ujar Jokowi.
 
Baca: Presiden Tinjau Panen Padi di Indramayu
 
Namun, Kepala Negara memutuskan menghentikan impor beras hingga Juni 2021. Jokowi bakal menghentikan impor hingga akhir tahun bila produksi panen beras meningkat.
 
Jokowi sempat tak menampik bila Indonesia menandatangani kerja sama pengadaan beras dengan Thailand dan Vietnam. Namun, kerja sama itu hanya untuk berjaga-jaga
 
"Mengingat situasi pandemi yang penuh ketidakpastian, saya tegaskan sekali lagi, berasnya belum masuk," tegas Jokowi pada Jumat, 26 Maret 2021.
 
Pria kelahiran Solo ini berjanji bakal mengutamakan beras dari petani dalam negeri. Beras tersebut akan diserap Perum Bulog.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif