Waspadai peredaran hoaks seputar isu covid-19 dengan memeriksa sumber informasi apakah dari media massa yang kredibel atau tidak (Foto:Shutterstock)
Waspadai peredaran hoaks seputar isu covid-19 dengan memeriksa sumber informasi apakah dari media massa yang kredibel atau tidak (Foto:Shutterstock)

Waspadai Hoaks Seputar Isu Covid-19

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 protokol kesehatan Ingat Pesan Ibu Satgas Covid-19
Gervin Nathaniel Purba • 18 November 2020 11:18
Jakarta: Informasi bohong alias hoaks terkait pandemi covid-19 banyak beredar di media sosial. Peredaran hoaks dapat menimbulkan keresahan dan kesalahpahaman, serta berpotensi menganggu stabilitas keamanan.
 
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebutkan pada April lalu, sebanyak 554 berita atau hoaks soal covid-19 tersebar di sejumlah platform media sosial Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.
 
Untuk mencegah masyarakat menelan mentah-mentah hoaks, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengimbau masyarakat untuk menangkal hoaks dengan langkah berikut ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Waspadai judul berita/informasi yang bersifat provokatif.
 
2. Periksa sumber informasi apakah dari media massa yang kredibel atau tidak. Bedakan antara fakta dan opini.
 
3. Cek keaslian foto dengan fitur reverse image search di Google, Yandex, atau platform lainnya.
 
4. Laporkan informasi hoaks dan jangan turut menyebarkan.
 
Selain mewaspadai peredaran hoaks, ingatlah untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada guna mencegah penularan covid-19.
 
Untuk mencegah penularan covid-19, pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif