Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan pabrik gula di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Dok. Biro Satpres Istana Kepresidenan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan pabrik gula di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Dok. Biro Satpres Istana Kepresidenan

Jokowi Resmikan Pabrik Gula di Bombana Sultra

Nasional investasi gula presiden jokowi
Nur Azizah • 22 Oktober 2020 14:28
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik gula di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Jokowi menyebut hanya pengusaha berani yang berinvestasi membuka kebun tebu dan pabrik gula sekaligus.
 
"Ini yang harus kita apresiasi dan hargai. (Investasi) dimulai tiga tahun lalu, sekarang selesai, dan sudah berproduksi," ujar Jokowi di Bombana, Sulawesi Tenggara, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Pabrik ini dioperasikan oleh PT Prima Alam Gemilang. Kebun dan pabrik yang menyerap hingga 15.000 tenaga kerja ini memiliki kapasitas produksi 800 hingga 1.200 ton gula per hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Membuka industri, membuka pabrik gula, dan yang paling penting membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Ini poin yang paling penting yang ingin saya garis bawahi," tutur Jokowi.
 
Baca: Petani Tebu Apresiasi Kemendag Wajibkan Importir Serap Panen
 
Kepala Negara berharap kebun dan pabrik ini mampu mengenjot produksi gula dalam negeri. Kebutuhan komoditas gula di Indonesia, kata Jokowi, mencapai 5,8 juta ton per tahun. Sementara itu, Indonesia baru berhasil memproduksi 2,1 juta ton gula.
 
"Sehingga pendirian pabrik gula di Bombana ini sekali lagi patut kita hargai karena nanti mengurangi impor. Artinya bisa memperbanyak devisa negara dan memperkuat neraca transaksi berjalan kita," kata Jokowi.
 
Presiden ke-7 Indonesia itu meresmikan pabrik gula bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi juga ikut dalam kunjungan kerja tersebut.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif