Pemilu 2014--Antara/M Agung Rajasa
Pemilu 2014--Antara/M Agung Rajasa

Polri Didesak Usut Pidana Pelanggaran Pemilu Legislatif

Nasional kecurangan pemilu
Meilikhah • 15 April 2014 15:07
medcom.id, Jakarta: Indonesia Police Watch (IPW) kembali mendesak kepolisian untuk segera mengusut pelanggaran-pelanggaran pidana dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif 2014, 9 April lalu.
 
Menurut Ketua Presidium IPW Neta S Pane, dalam pelaksanaan pemilu banyak terjadi kecurangan dan kecerobohan serta adanya teroris politik yang berhasil mengacaukan pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara.
 
"Pileg kemarin banyak sekali pelanggaran, sementara polisi tidak mampu bertindak tegas. Polisi harus mampu mengusut pelanggaran-pelanggaran ini," katanya dalam diskusi bertajuk "Marak Pelanggaran, Sepi Tindakan" di Kedai Kopi Delli, Jalan Sunda No 7, Jakarta Pusat, Selasa (15/4/2014).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


IPW melihat, dalam pelaksanaan Pileg 2014 lalu, banyak sekali kecerobohan-kecerobohan yang dilakukan KPU mulai dari pencetakan surat suara hingga pendistribusian logistik yang mengakibatkan pemungutan suara berlangsung tak serentak.
 
Kecerobohan tersebut dikatakan Neta terjadi pada tertukarnya surat suara hingga surat suara yang telah dicoblos yang tidak masuk akal secara jumlahnya. Sebab melebihi jumlah daftar pemilih tetap yang ada di tempat pemungutan suara tersebut.
 
"Banyak surat suara tertukar lebih dari 22 Provinsi dan 77 kota. Kecerobohan KPU ini tidak masuk akal karena begitu banyak, apakah ini hanya sekadar kecerobohan atau ini sabotase untuk mengacaukan pemilu," katanya.
 

(LAL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif