Besok, Jenazah Adelina Dipulangkan Ke Indonesia

Ilham wibowo 15 Februari 2018 19:53 WIB
tki
Besok, Jenazah Adelina Dipulangkan Ke Indonesia
Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid. Foto: MTVN/Yona
Jakarta: Jenazah Adelina Lisao, TKI asal Nusa Tenggara Timur yang tewas akibat kekerasan di Malaysia bisa dipulangkan ke Indonesia. Warga Kupang, itu bakal tiba di Indonesia pada Jumat, 16 Februari 2018.
 
"TKI yang disiksa di Malaysia besok jenazahnya akan sampai di Indonesia," kata Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis, 15 Februari 2018.
 
Nusron memastikan setibanya di Tanah Air, jenazah bakal diantar hingga ke persemayaman yang diinginkan keluarga. Pemerintah akan mengakomodasi biaya yang diperlukan.
 
"Kita akan antarkan sampai ke rumahnya. Kalau korban dapat bantuan dari pemerintah RI itu sudah pasti. Minimal untuk keperluan jenazah (pemakaman)," ujar Nusron.

Baca: Migrant Care Desak Pengusutan Kematian TKI asal NTT 

Nusron menegaskan, proses hukum di Malaysia tetap berjalan. Hingga saat ini dua orang pelaku telah ditangkap sementara satu pelaku lain masih dalam pengejaran kepolisian setempat.
 
"Kita sudah kirim nota kepada pemerintah Malaysia supaya majikan yang melakukan itu (tindakan kekerasan) ditangkap. Sudah dua ditangkap dan satu buron. Nanti kita minta hukum seberat-beratnya, karena nyawa tidak bisa diganti dengan apapun apalagi dengan uang," ungkap Politikus Golkar ini.
 
Adelina Lisao diduga disiksa oleh majikannya di Penang, Malaysia. Menurut penuturan Steven Sim Chee Kong, anggota Parlemen Malaysia yang menemukan kasus ini, Adelina sempat mengaku dipaksa tidur di luar rumah bersama anjing peliharaan majikan selama sebulan terakhir. Ia bahkan tak diberi makan dan mengalami penganiayaan.
 
Ketika diselamatkan kepolisian setempat di rumah majikannya di Taman Kota Permai, Adelina mengalami luka parah di kepala dan wajah serta infeksi luka di tangan dan kakinya.
 
Adelina sempat dirawat di RS Bukit Mertajam namun nyawanya tak tertolong. Adelina meninggal pada Minggu 11 Februari 2018.






(FZN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360