Kabupaten Gowa Raih Penghargaan Piala Natamukti
Bupati Gowa Adnan Purichta IYL--Antara/Darwin Fatir
Jakarta: Keberhasilan mengembangkan dan membina Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengantarkan Kabupaten Gowa meraih penghargaan Natamukti. Penghargaan tersebut berasal dari International Indonesia Council for Small Bussiness (ICSB) bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Penghargaan Piala Natamukti diserahkan langsung Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Anak Agung Gede Puspayoga, di Graha Widya Bhakti, Gedung 123 Kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan.

"Ya, tentu saya bersyukur atas doa dan dukungan masyarakat Gowa. Penghargaan ini menjadi motivasi saya dan jajaran bekerja keras lagi," kata Bupati Gowa Adnan Purichta IYL saat dihubungi Medcom.id, Kamis, 15 November 2018.  


Pengembangan dan pembinaan UMKM merupakan satu dari lima program unggulan Kabupaten Gowa. Dia mengatakan ada 58 produk UMKM dari Kabupaten Gowa. Produk UMKM tersebut didistribusikan melalui minimarket

"Produk unggulan tersebut di antaranya produk bumbu masakan, kacang, krupuk, dan kue," paparnya.

Baca: Jokowi: UMKM Tulang Punggung Ekonomi RI & ASEAN

Adnan berharap produk UMKM unggulan di Kabupaten Gowa dapat meningkat. "Di Kabupaten Gowa ada 167 desa dan kelurahan. Harapan saya setiap desa dan kelurahan punya UMKM unggulan," tukasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan UMKM adalah salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia dan ASEAN. "Sekitar 88,8-99,9 persen bentuk usaha di ASEAN adalah UMKM dan menyerap 51,7-97,2 persen tenaga kerja," kata Jokowi di San Francisco, Selasa waktu setempat, seperti dikutip dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu, 17 Februari 2016.

Di Indonesia, lanjut Jokowi, UMKM memiliki daya tahan tinggi yang mampu menopang perekonomian negara. Bahkan saat terjadi krisis global.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id