Fahri: Hati-hati Mengimajinasikan Indonesia
Peserta Kirab Pemuda 2018 mendapat wejangan dari Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto: Istimewa
Jakarta: Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah memberi wejangan terhadap peserta Kirab Pemuda 2018. Peserta yang notabene pemuda itu diimbau untuk berhati-hati dalam mengimajinasikan Indonesia.

"Kirab Pemuda 2018 merupakan ikhtiar dalam rangka menyusun imajinasi, baik tentang kaum muda, bangsa, dan negara Indonesia. Dan ini memang pekerjaan yang paling sulit, karena Indonesia ini sangat kompoleks," kata Fahri saat menerima audiensi Peserta Kirab Pemuda 2018 di Ruang Abdul Muiz Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, 16 November 2018. 

Menurut Fahri, membangun imajinasi tentang Indonesia tak hanya bisa disimpulkan dari 73 hari para peserta keliling Indonesia. Perjalanan itu, ujarnya, hanya ikhtiar untuk mengimajinasi kompleksitas tanah air.


"Hati-hati. Jangan menyederhanakan imajinasi tentang Indonesia. Hati-hati dengan jebakan-jebakan yang membuat kita menjadi tidak solid," katanya.

Fahri meminta peserta kirab tidak berhenti menulis dan membaca tentang Indonesia. Para pemuda juga diminta tidak berhenti menggambarkan kompleksitas Indonesia agar lebih banyak orang yang mengerti.

"Anda adalah agen-agen itu. Dan saya sangat berharap dari Anda," ujar dia.

Generasi muda, kata dia, juga harus terus berdialog tentang permasalahan yang dihadapi bangsa. "Jangan terjebak pada kesibukan bersosial media. Kenapa? Kadang-kadang sosial media tidak menjelaskan substansi, tetapi menyeret kita pada sensasi," kata Fahri.

Kedatangan peserta Kirab Pemuda 2018 ke ruangan Fahri didampingi Asisten Deputi I Bidang Peningkatan Kreativitas Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Junaedi.

Kirab Pemuda merupakan napak tilas yang bertujuan meningkatkan persatuan dan patriotisme pemuda. Sehingga, pemuda bisa memahami makna Bhinneka Tunggal Ika. 
Peserta kirab merupakan perwakilan pemuda dari 34 provinsi di Indonesia. 

Selama melakukan kirab, peserta dipisah menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok mengikuti dua zona yang sudah ditentukan. Zona I berangkat dari Sabang dan Zona II dari Merauke.

Para peserta mengelilingi Indonesia selama 73 hari. Kedua kelompok tersebut bertemu kemarin di acara puncak sekaligus penutupan yang berlangsung di GOR Atletik Rawamangun, Jakarta Timur.






(UWA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id