Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berbincang dengan pengungsi di GOR Toware, Kabupaten Jayapura, Senin, 1 April 2019/Medcom.id/Dheri Agriesta
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berbincang dengan pengungsi di GOR Toware, Kabupaten Jayapura, Senin, 1 April 2019/Medcom.id/Dheri Agriesta

Presiden 'Melantai' Dengarkan Curhat Pengungsi di Sentani

Nasional banjir bandang
Dheri Agriesta • 01 April 2019 13:47
Jayapura: Presiden Joko Widodo menyambangi pengungsi banjir bandang Sentani di GOR Toware, Kabupaten Jayapura. Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo duduk di tikar yang terbentang di tengah GOR Toware.
 
Masyarakat yang mengungsi akibat banjir bandang mengelilingi orang nomor satu di Indonesia itu. Raut wajah Kepala Negara terlihat serius mendengarkan penjelasan pengungsi.
 
"Pengungsi ingin segera mendapatkan kepastian rumahnya di mana, karena rumah mereka sudah habis semua," kata Jokowi usai berbincang di GOR Toware, Kabupaten Jayapura, Senin, 1 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jokowi Tengok Korban Banjir Bandang di Sentani
 
Jokowi menegaskan pemerintah akan membangun kembali rumah warga yang hancur. Namun, pembangunan tak bisa dilakukan di lokasi lama.
 
"Karena (kalau) terjadi bencana lagi, terulang lagi nanti. Sehingga harus direlokasi di tempat yang dipastikan aman dari bencana," kata Jokowi.
 
Jokowi melanjutkan perjalanan ke Kota Jayapura. Di perjalanan, Jokowi berhenti di sekitar Jalan Raya Kemiri, Sentani, Kabupaten Jayapura.
 
Jokowi berbincang dengan masyarakat yang sudah ramai menunggu di pinggir jalan. Wilayah Kemiri disebut sebagai daerah cukup parah terdampak banjir bandang.
 
Baca: Banjir Sentani Membentuk Dua Bendungan
 
Kepala Negara berjalan kaki sekitar 500 meter ke arah perbukitan. Jalanan ini masih ditutupi pasir yang dibawa banjir bandang.
 
Sembari berjalan, Jokowi berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan tokoh masyarakat setempat. Ia mendengarkan curahan hati anak-anak yang mengeluhkan sekolah mereka rusak dihantam banjir bandang.
 
Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo juga mendampingi Jokowi dalam kunjungan hari ini. Gubernur Papua Lukas Enembe juga terlihat dalam rombongan.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif