Peneliti Geodesi dan Geomatika ITB Heri Andreas. Foto: Dok/Screenshot Metro TV
Peneliti Geodesi dan Geomatika ITB Heri Andreas. Foto: Dok/Screenshot Metro TV

Ahli: Gempa Cianjur Seminggu Kedepan Mungkin Selesai, Tapi...

Imanuel R Matatula • 24 November 2022 18:13
Jakarta: Peneliti Geodesi dan Geomatika ITB Heri Andreas mengatakan, gempa yang terjadi di Cianjur 21 November lalu mungkin akan berakhir dalam seminggu kedepan. Tetapi efek gempanya dapat berpotensi memberikan tekanan bagi sesar-sesar tetangga.
 
“Kalau kita lihat dari gempa utama kemudian gempa susulan, catatannya sudah mulai melemah , sehingga mungkin seminggu kedepan gempa Cianjur bisa selesai. Tapi dalam ilmu kegempaan kita punya teori mekanisme stres transfer,” kata Heri Andreas dalam tayangan Metro TV, Kamis, 24 November 2022.
 
Heri menyebut di daerah Jawa Barat terdapat sesar-sesar lain yang aktif, di antaranya sesar Lembang, sesar Baribis dan lainnya. Melalui mekanisme stres transfer, bisa saja ada tekanan ke sesar-sesar tersebut yang tentunya dapat  berpotensi terjadi gempa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kalau dari mekanisme stres transfer, tambahan energinya tidak terlalu besar. Yang perlu dicatat energi di masing-masing sesar itu sebesar apa. Kalau energi di sesar lain sudah besar, ditambah tekanan dari sesar yang mengalami gempa, potensinya menjadi besar,” tutur Heri.
 
Baca juga: Ahli Menduga Ada Sesar Baru yang Mengakibatkan Gempa Cianjur

Meski terdapat potensi adanya tekanan di sesar-sesar lain, Heri mengatakan tidak dapat memastikan seberapa besar tekanan di sesar-sesar tetangga terjadinya gempa, karena memang Indonesia masih belum maksimal dalam pemetaan sesar.
 
Terkait letak gempa yang kian hari semakin dekat ke permukaan, menurut Heri itu adalah hal yang wajar, bahkan bidang patahan bisa sampai ke permukaan.
 
“Itu hal yang wajar saja, semakin dangkal itu tidak jadi masalah, yang terpenting makin melemah dan frekuensinya sedikit ” ungkap Heri.
 
(MBM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif