Seorang WNI menunjukan foto Kepala Pusat Dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho ketika dirawat di Modern Hospital Guangzhou Guangzhou, China. (ANT/Zabur Karuru)
Seorang WNI menunjukan foto Kepala Pusat Dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho ketika dirawat di Modern Hospital Guangzhou Guangzhou, China. (ANT/Zabur Karuru)

Sutopo Drop Sejak Sabtu

Nasional obituari
Octavianus Dwi Sutrisno • 07 Juli 2019 16:46
Depok: Karangan bunga ucapan belasungkawa atas wafatnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, diberikan Presiden Joko Widodo. Karangan bungan dari Presiden tiba sekitar pukul 16.00 WIB
 
Hingga saat ini, keluarga besar almarhum telah berdatangan ke rumah duka, termasuk sang ayah, Suwarsono, yang datang dari Boyolali, Jawa Tengah, sejak pagi tadi. Dia mengaku, kondisi Sutopo drop sejak Sabtu, 6 Juli 2019.
 
"Saya dikirimi foto, dia sudah dipasangi alat bantu pernapasan (oksigen) sudah kelihatan loyo bahkan saya sampai menangis saat itu," bebernya, di Perumahan Raffles Hills, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Tapos Kota Depok, Jawa Barat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Kepala BNPB Letnan Jendral Doni Munardo menuturkan, komunikasi yang baik selalu terjalin antara dirinya dengan Sutopo. Terutama ketika menghadapi beberapa peristiwa bencana yang terjadi pada periode 2008 - 2010 dan 2012 - 2014.
 
"Dari saya menjadi komandan grup Paspampres hingga dilantik menjadi Kepala BNPB komunikasi selalu terjalin. Terakhir, saya berkunjung dengan Pak Topo pada 1 Januari 2019," tegasnya.
 
Baca:Kepala BNPB: Sutopo Pahlawan Kemanusiaan
 
Dia mengenang, Sutopo dikenal sebagai pekerja keras dan tidak pernah mengeluh. Semangat Sutopo dalam memberikan informasi kepada masyarakat patut diacungi jempol
 
"Jadi beliau bisa mengumpulkan kepingan berita informasi dari seluruh BPBD dirangkum menjadi sebuah risalah kejadian. Kemudian, dia juga selalu semangat memberikan analisis tentang apa yang perlu dilakukan oleh pemerintah daerah maupun pusat dalam hal penanggulangan bencana," tandasnya.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun Medcom.id, rencananya almarhum Sutopo Purwo Nugroho tiba di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 20.00 WIB malam dari Guangzhou China. Penyerahan jenazah akan dilakukan oleh Menteri Luar Negeri kepada Kepala BPNB sekitar pukul 21.00 WIB di rumah duka.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif