Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Satgas Covid-19: Jangan Takut Divaksin

Nasional Virus Korona vaksin covid-19
Nur Azizah • 19 November 2020 19:35
Jakarta: Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat tak takut divaksin. Sebab, vaksin aman dan halal.
 
"Pemerintah memastikan vaksin covid-19 yang digunakan adalah vaksin yang aman, memiliki efektivitas, dan juga halal," kata Wiku di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 19 November 2020.
 
Wiku menjelaskan vaksin yang akan disuntikan telah melewati uji klinis tahap tiga. Selain itu, vaksin telah mendapatkan izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Uji klinis merupakan tahap yang harus dilalui oleh setiap vaksin yang nanti akan digunakan dan untuk memastikan vaksin aman digunakan kepada manusia serta menghasilkan imunitas tubuh terhadap covid-19," papar dia.
 
(Baca: Jokowi Siap Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19)
 
Terpenting, vaksin dibuat dengan prosedur yang sudah ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Para peneliti yang terlibat ahli di bidangnya.
 
"Selain melibatkan BPOM dan WHO, pemerintah juga menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memastikan vaksin yang digunakan halal," ujarnya.
 
Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari MUI terkait kehalalan vaksin covid-19. Namun, berkali-kali Wiku menyebut vaksin terbebas dari kandungan haram.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif