Presiden Minta Babinsa Tingkatkan Kinerja
Presiden Jokowi. Foto: Antara/Adeng Bustomi.
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta Bintara Pembina Desa (Babinsa) meningkatkan kinerjanya. Pasalnya, pemerintah sudah menaikkan dana operasional hingga 771 persen dari pendapatan sebelumnya.
 
"Kita berharap ada kinerja yang lebih baik, lebih konkret, lebih bagus," kata Jokowi di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, 5 Juni 2018.
 
Saat ini, pendapatan terendah yang diterima Babinsa sebanyak Rp2.700.000 dari sebelumnya hanya Rp310.000. Sedangkan, pendapatan tertinggi mencapai Rp3.600.000.
 
Jokowi mengungkapkan alasannya menaikkan pendapatan Babinsa karena mereka yang paling terdepan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Terutama yang ada di daerah, desa, pelosok, dan pinggiran.
 
"Oleh sebab itu diberikan tunjangan yang lebih," ucap dia.

Baca: Jokowi: Pendapatan Babinsa Melompat 771 Persen

Hal senada disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Ia mensyukuri kenaikan pendapatan Babinsa. Terlebih, Babinsa merupakan bagian dari TNI yang tugas langsung di depan.
 
"Sebagai tiga pilar kekuatan yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan kepala desa, sehingga harapan Presiden kinerjanya ditingkatkan," ujar Hadi.
 
Ia mengakui kinerja Babinsa selama ini sudah baik. Namun, masih ada tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang harus ditingkatkan. "Kemarin sudah tapi sekarang akan lebih ditingkatkan lagi," katanya.




(FZN)