Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno - Medcom.id/Nur Azizah.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno - Medcom.id/Nur Azizah.

DKI Tambah Stok Pangan Selama Ramadan

Nasional pangan ketahanan pangan stok beras Ramadan 2018
Nur Azizah • 14 Mei 2018 19:38
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menambah stok bahan kebutuhan pokok. Cadangan kebutuhan pokok biasanya menipis jelang Ramadan.
 
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno berjanji pergi ke Brebes, Jawa Tengah, untuk memastikan stok bawang merah aman. Dua pekan lalu, dia sudah ke Magelang untuk melongok stok cabai rawit.
 
"Kita pastikan supply-nya cukup," kata Sandi di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Senin, 14 Mei 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sandi menuturkan, ada empat hal yang menjadi perhatian Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Perdagangan RI. Pertama, terkait distribusi barang yang acap kali menyebabkan harga tidak stabil.
 
"Kedua, iklim. Kami harap tidak ada gangguan iklim. Ketiga, spekulan. Tadi kita sudah undang para pengusaha besar dan asosiasi dari semua bahan pokok untuk hadir. Kita enggak mau ada spekulan," tandas dia.
 
(Baca juga:Harga Pangan Mendapat Perhatian Khusus Jelang Bulan Puasa)
 
Poin terakhir, terkait melonjaknya harga dollar terhadap rupiah. Menurut Sandi, faktor ini bisa menyebabkan harga kebutuhan pokok melambung.
 
"Kita tidak ingin rupiah bergejolak di atas Rp14 ribu karena bisa mengakibatkan tiga komoditas bawang putih, telur, ayam dan daging mengalami inflasi," tutur dia.
 
Rencananya, Sandi dan Kemendag bakal sidak ke 44 lokasi dan 153 pasar tradisional untuk memantau harga dan distribusi bahan pokok khususnya jelang bulan Ramadan.
 


 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif