Petani menyemprotkan pestisida pada tanaman bawang daun, di Kecamatan Danau Kembar, Kab.Solok, Sumatera Barat, Sabtu, 2 Mei 2020. Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Petani menyemprotkan pestisida pada tanaman bawang daun, di Kecamatan Danau Kembar, Kab.Solok, Sumatera Barat, Sabtu, 2 Mei 2020. Foto: Antara/Iggoy el Fitra

Pemerintah Didorong Berpihak kepada Petani

Nasional pertanian partai demokrat petani
Antara • 26 Oktober 2020 18:12
Jakarta: Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, mendorong pemerintah berpihak kepada petani. Pertanian dinilai menjadi sektor vital bagi kehidupan bangsa dan negara di tengah pandemi virus korona (covid-19) yang tidak kunjung usai.
 
"Bidang pangan harus diarahkan untuk meningkatkan produksi pangan serta mendukung pemulihan ekonomi, seperti membangun sarana prasarana pertanian, modernisasi alat pertanian, memperkuat korporasi petani, dan distribusi pangan," kata Ibas dalam keterangan tertulis, Senin, 26 Oktober 2020.
 
Menurut putra bungsu Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, pemerintah harus turut memperhatikan ketersediaan pupuk, subsidi, dan nilai tukar yang tepat untuk petani. Dengan begitu, petani bisa untung dan sejahtera.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Krisis Pangan, KRKP Tekankan Pentingnya Peran Perempuan Tani
 
Ibas pun menyerahkan bantuan alat panen padi dan pengawalan program unit pengolahan pupuk organik (UPPO) secara virtual serentak di Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Magetan. Dia berharap dua bantuan ini dapat mengoptimalkan produksi pertanian tepat guna.
 
Anggota Komisi VI DPR itu berpesan agar program UPPO dan alat panen yang diberikan senantiasa dirawat. Bantuan ini harus dikembangkan penggunaannya agar para petani lebih produktif dan sejahtera.
 
"Insyaallah saya akan terus kawal program propetani ini seperti apa yang sudah pernah dilakukan semasa pemerintahan Bapak SBY," ungkap Ibas.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif