Panglima Kodam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman (kiri) di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat 20 November 2020. Medcom.id/Christian
Panglima Kodam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman (kiri) di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat 20 November 2020. Medcom.id/Christian

4 Berita Populer Nasional, BPOM Larang Klorokuin Dipakai Hingga Pernyataan Keras Pangdam Jaya

Nasional kpk tni pencabulan Virus Korona bpom fpi Muhammad Rizieq Shihab
Surya Perkasa • 21 November 2020 08:24
Jakarta: Sejumlah berita nasional Medcom.id pada Jumat, 20 November 2020, banyak dicari pembaca. Berita yang paling banyak dibaca publik mulai pencabulan yang dilakukan guru silat, polemik staf khusus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) cabut penggunaan klorokuin untuk pengobatan covid-19, hingga pernyataan keras Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman kepada FPI.
 
Berikut tiga berita terpopuler kanal nasional Medcom.id terpopuler, kemarin:

1. Cabuli Dua Murid, Guru Silat di Jakarta Utara Ditangkap

Polisi menangkap seorang guru silat berinisial NK, 40, yang mencabuli dua murid di bawah umur. Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Sudjarwoko mengatakan NK telah melakukan perbuatan bejatnya terhadap EFW, 17, dan AF, 14 sejak September 2019.
 
"Guru silat ini memberikan iming-iming kepada kedua korban yang merupakan muridnya dalam perguruan pencak silat Mawar Putih," kata Sudjarwoko di Mapolres Jakarta Utara, Kamis, 19 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelaku, kata Sudjarwoko, meminta kedua murid menuruti kemauannya jika ingin ilmu mereka sempurna. Keduanya menuruti kemauan gurunya di bawah ancaman.
 
Baca selengkapnya di sini.

2. Komisioner Klaim Restrukturisasi Organisasi KPK Tak Langgar UU

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeklaim restrukturisasi organisasi internal tidak melanggar ketentuan Pasal 26 Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Masyarakat sipil mengkritik perubahan struktur ini melanggar aturan tersebut.
 
"Peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi (Perkom) Nomor 7 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja KPK ini artinya sudah lewat proses," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 19 November 2020.
 
Menurut Alex, Pasal 26 UU KPK yang dipersoalkan tak menyangkut bidang kedeputian. Sedangkan dalam Perkom Nomor 7 Tahun 2020 mengatur penambahan dua kedeputian, yakni Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat dan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi.
 
Baca selengkapnya di sini.

3. BPOM Cabut Penggunaan Klorokuin untuk Obat Covid-19

Obat klorokuin dan hidroksiklorokuin tak lagi digunakan dalam pengobatan pasien virus korona (covid-19). Kedua obat itu memiliki risiko lebih besar daripada manfaatnya.
 
"Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mencabut persetujuan penggunaan darurat (EUA) klorokuin dan hidroksiklorokuin untuk pengobatan covid-19," kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam keterangan virtual di Jakarta, Kamis, 19 November 2020.
 
Baca selengkapnya di sini.

4. Pangdam Jaya: Jangan Coba-coba, Kalau Perlu FPI Bubarkan Saja!

Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman mengeluarkan pernyatakan keras bagi organisasi yang berusaha memecah persatuan dan kesatuan atau melawan aturan. Organisasi tersebut bakal berhadapan dengan TNI.
 
"Ini negara hukum jadi harus taat hukum," tegas Dudung di Monas, Jakarta Pusat, Jumat, 20 November 2020.
 
Seluruh organisasi harus mengikuti regulasi. Dia menyoroti maraknya spanduk ilegal di Ibu Kota, termasuk milik simpatisan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif