ilustrasi. Medcom.id
ilustrasi. Medcom.id

Ketersediaan Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Maluku Tinggal 10%

Nasional Virus Korona pandemi covid-19
Nur Azizah • 03 Desember 2020 20:56
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebut tingkat ketersediaan tempat tidur untuk pasien virus korona tinggal 57,97 persen. Per 1 Desember 2020, ketersediaan tempat tidur untuk pasien covid-19 di Provinsi Maluku tinggal 10 persen.
 
"Provinsi dengan angka keterisian tertinggi ialah Jawa Barat, yaitu 77 persen, sedangkan terendah pada Provinsi Maluku Utara, yaitu 10 persen," kata juru bicara Satgas Penanganan covid-19, Wiku Adisasmito, di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur,  Kamis, 3 Desember 2020.
 
Pemerintah telah menyusun beberapa skenario untuk mengantisipasi lonjakan pasien. Rekayasa ini disesuaikan dengan besar lonjakan kebutuhan tempat tidur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika terjadi kenaikan kasus sebesar 20  persen sampai 50 persen maka pelayanan masih beroperasi tanpa perubahan apapun, karena pada dasarnya rumah sakit masih dapat menampung," kata Wiku.
 
Baca: Panen Kasus Covid-19 Terjadi 2 Pekan Setelah Libur Panjang
 
Bila kenaikan kasus sebesar 50 persen sampai 100 persen maka fasilitas kesehatan akan menambah kapasitas ruang perawatan umum menjadi ruang perawatan covid-19. Jika kenaikan kasus lebih dari 100 persen maka fasilitas kesehatan akan mendirikan pelayanan tenda darurat di area perawatan pasien covid-19.
 
"Bisa juga mendirikan rumah sakit lapangan atau darurat topik bekerjasama dengan BNPB dan TNI di luar area rumah," kata Wiku.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif