NEWSTICKER
Ilustrasi. Penumpang kereta dicek suhu badannya. Foto: Dokumentasi PT KAI
Ilustrasi. Penumpang kereta dicek suhu badannya. Foto: Dokumentasi PT KAI

Social Distancing Diterapkan Terhadap Pengguna Kereta Api

Nasional Virus Korona
Cindy • 19 Maret 2020 13:23
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan kebijakan pengaturan jarak melalui pemasangan garis pembatas di berbagai area pelayanan stasiun. Upaya ini merupakan cara PT KAI menerapkan jaga jarak sosial atau social distancing yang diimbau pemerintah.
 
"Khusus di Daop (daerah operasional) 1 Jakarta, penerapan social distancing dilakukan di stasiun keberangkatan kereta api (KA) jarak jauh," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.
 
Baca:Lockdown Dinilai Bukan Solusi Menangkal Korona

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penerapan pembatasan jarak dilakukan di Stasiun Pasar Senen, Gambir dan Jakarta Kota. Pembatasan jarak dilakukan dengan memasang garis batas di lokasi antrean cetak tiket, loket pembatalan tiket atau pembelian tiket go show, dan cek boarding pass.
 
Jarak antrean antara calon penumpang satu dengan lainnya sekitar 1 meter. Selain itu, fasilitas lift di Stasiun Gambir juga dibatasi hanya untuk empat orang. Ada garis batas berdiri antar-penumpang di dalam lift tersebut. Fasilitas tempat duduk di area tunggu stasiun juga diberi jarak.
 
Eva memastikan tak ada pembatasan maupun pembatalan jadwal operasional kereta api di tengah wabah korona.
 
"Tapi kami mengaplikasikan social distancing dalam pelayanan. Segala upaya pencegahan virus korona dilingkungan KAI akan terus kami lakukan," jelas Eva.
 
Eva menambahkan upaya pencegahan seperti menyediakan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) di area stasiun dan rangkaian KA sudah pula dilakukan. Petugas juga menyosialisasikan enam langkah mencuci tangan yang benar dan pengecekan suhu badan.
 
Bila ditemukan calon penumpang memiliki suhu badan di atas 38 derajat celcius maka dilarang melakukan perjalanan KA. "Bea pemesanan tiket akan dikembalikan secara penuh dan tunai," ujar Eva.
 
Pengembalian uang tiket secara penuh hanya untuk maksimal empat orang dalam satu kode booking. Kalau berbeda kode booking, maka bea tiket yang dikembalikan maksimal hanya untuk dua orang tambahan sebagai pendamping.
 
Eva memastikan KAI konsisten menjaga kebersihan sarana kereta dengan penyemprotan disinfektan di interior dan eksterior. PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau calon penumpang untuk memastikan kondisi kesehatan ketika hendak melakukan perjalanan dengan kereta api.
 
"Memperhatikan setiap tanda garis pembatas pada area pelayanan yang telah ditetapkan di area stasiun," ucap Eva.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif