Ilustrasi Wisma Atlet. Medcom.id/Christian
Ilustrasi Wisma Atlet. Medcom.id/Christian

RS Darurat Wisma Atlet Terapkan Manajemen Khusus

Nasional Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 23 Mei 2020 22:04
Jakarta: Rumah Sakit (RS) Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat memiliki kekhasan sebagai rumah sakit khusus yang menangani penyakit covid-19 (korona). Setiap bagian rumah sakit memiliki zona, salah satunya bagian depan termasuk dalam zona kuning.
 
"Artinya dibatasi siapa yang boleh masuk. Oleh karena itu, kita mohon maklum kalau ini tak sama (dengan RS biasa)," ujar juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu, 23 Mei 2020.
 
Ia menjelaskan zona kuning dibagi dalam beberapa tower atau gedung. Tower 1 berisikan kegiatan pendukung umum dan tower 2 fokus pada dukungan pelayanan kesehatan bagi pasien. Para relawan dari pihak pemerintah, swasta, maupun mandiri tinggal di gedung tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yuri memastikan dilakukan manajemen ketat kepada sumber daya manusia di rumah sakit tersebut. Mereka mesti ikut sosialisasi dan pelatihan sebelum terjun menjadi relawan.
 
"Untuk menyakinkan yang ditugaskan paham prosedur, khususnya pengamanan diri," tutur dia.
 
Petugas kesehatan dan relawan juga mesti swab test di akhir penugasan. Ini untuk memastikan para relawan yang bertugas 1-2 bulan tidak terjangkit virus korona. "Kita pastikan mereka aman saat kembali bersama keluarga," tutur dia.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif