Pelantikan Letjan Doni Monardo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/1). Foto: MI/Ramdani
Pelantikan Letjan Doni Monardo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/1). Foto: MI/Ramdani

Pelantikan Kepala BNPB Tak Langgar Aturan

Nasional bnpb
Arga sumantri • 09 Januari 2019 20:35
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal TNI Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pelantikan ini sempat menuai polemik lantaran Doni merupakan perwira TNI aktif.

Peneliti Pertahanan dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) Iis Gindarsah menegaskan tak ada aturan yang dilanggar Jokowi dalam melantik Doni. Sebab, ada Peraturan Presiden Nomor 1 tahun 2019 yang mengatur tentang pelibatan Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM (Kemenkopolhukam) di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Aturan ini membolehkan Kepala BNPB dijabat perwira TNI aktif. 

"Setelah ada Perpres itu penempatan perwira aktif itu diperbolehkan berdasarkan regulasi," kata Iis di Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Iis meyakini pemerintah tidak mungkin mengambil langkah-langkah yang tidak sesuai dengan regulasi. Kesesuaian aturan bakal jadi pertimbangan pemerintah dalam mengambil keputusan. Iis juga mengaku sepakat Kepala BNPB dijabat oleh TNI. Sebab, setahun terakhir banyak terjadi bencana alam di Indonesia. Dengan begitu, perlu ada sosok yanv punya keahlian mumpuni di BNPB. 

Baca: Banyak PR Menanti Kepala BNPB

"Saya kira ini urgensi tersendiri. Di satu sisi Indonesia adalah masuk ke dalam ring of fire," pungkasnya.

Letnan Jenderal TNI Doni Monardo masih berstatus sebagai perwira aktif yang sudah secara resmi dilantik Jokowi sebagai Kepala BNPB. Doni dinilai memiliki manajemen kepemimpinan yang kuat dan dianggap mampu mengoordinasikan penanganan bencana. 




(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi