WWF Apresiasi Pengelolaan Sawit di Sintang
Sustainable Palm Oil Program Manager WWF Indonesia Putra Agung. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Sintang: World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia mendukung program pemerintah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat dalam hal pengelolaan sawit berkelanjutan. Sebab, Bupati Sintang Jarot Winarno dinilai mampu mengimplementasikan program pemerintah dengan terjun ke lapangan.

"Seorang kepala daerah tidak hanya berkomitmen, tapi terjun langsung dalam mengimplementasikan sustainable dan tujuannya jelas bahwa mencoba untuk menggaransi sustainable itu berjalan di lapangan," kata Sustainable Palm Oil Program Manager WWF Indonesia Putra Agung di kawasan Sintang, Kamis, 22 November 2018.

Dia bilang, Bupati Jarot telah melakukan pengelolaan sawit berkelanjutan melalui political leadership. Agung menambahkan, politisi Partai NasDem itu punya cara berupa menyeimbangkan aspek ekonomi di lingkungan masyarakat, kemudian, konservasi, serta sosial budaya.


"Salah satu faktor utama kunci suksesnya adalah political leadership seperti yang dicontohkan Pak Jarot sebenarnya," ujar dia.

WWF Indonesia bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Sintang menunjukkan skema produksi minyak sawit berkelanjutan menggunakan pendekatan yurisdiksi.

Baca: Pemkab Sintang Dorong Sertifikasi Kelapa Sawit Berkelanjutan

Sintang salah satu kabupaten yang mempunyai kelompok petani kelapa sawit terbesar. Sintang memiliki perkebunan besar yang mengelola sekitar 9 ribu hektare serta lebih dari 1.000 rumah tangga petani mandiri. 

Produksi minyak sawit di Sintang mencapai 935.941 ton yang berasal dari 168.107 hektare lahan sepanjang 2017.



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id