Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo (tengah) berpesan kepada umat Kristiani untuk menjaga kedamaian pilpres. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo (tengah) berpesan kepada umat Kristiani untuk menjaga kedamaian pilpres. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Uskup Agung Jakarta Ajak Umat Kristiani Jaga Kedamaian Pilpres

Nasional perayaan natal dan tahun baru natal dan tahun baru
Ilham Pratama Putra, Candra Yuri Nuralam • 25 Desember 2018 13:58
Jakarta: Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo menyampaikan Pesan Natal tahun ini. Dalam pesannya, ia mengajak umat Kristiani menjaga kedamaian Pilpres 2019.
 
Ia juga mengajak agar umat Kristiani menjaga hati dan menjauhi provokasi. Suharyo mengingatkan untuk tidak menyebarkan kebohongan atau informasi hoaks menjelang pesta demokrasi lima tahunan nanti.
 
"Tidak menyebarkan kebohongan, fitnah, dan sebagainya. Saya yakin dalam hati setiap kita sudah tertanam (kebaikan), hanya sering dirusak dengan kepentingan yang tidak terpuji," ujar Suharyo dalam konferensi pers perayaan Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Selasa, 25 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perayaan Natal di Gereja Katedral berjalan khidmat. Perayaan itu dihadiri ribuan umat Katolik dan dibagi menjadi empat sesi misa.
 
Baca juga: Ratusan Personel Polri Amankan Katedral Jakarta
 
Gereja Katedral Jakarta mengangkat tema 'Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita'. Menurut Suharyo, tema tersebut berkaitan dengan sila keempat Pancasila.
 
"Jadi kata hikmat memiliki perluasan arti yang sangat besar. Salah satu harapannya supaya para pemimpin sadar akan sila keempat dalam Pancasila," ungkap Suharyo.
 
Lewat tema itu, ia ingin agar negara Indonesia dipimpin oleh pemimpin yang memiliki rasa hikmat. "Kalau pemimpinnya tidak berhikmat, bangsanya akan terpengaruh dan jadi tidak bermartabat. Semoga dengan rumusan ini demokrasi kita berhikmat," harapnya.
 
Suharyo juga bilang, seorang pemimpin harus berhikmat. Ia menila, pemimpin yang berhikmat akan membuat bangsa bermartabat. "Agar nantinya dari tema ini juga untuk merenungkan sila keempat. Menjalankannya demi kesejahteraan bagi seluruh bangsa Indonesia", pungkas Suharyo.
 

 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif