Publik Diimbau Rutin Cek Kesehatan

Siti Yona Hukmana 18 November 2018 10:16 WIB
kesehatan
Publik Diimbau Rutin Cek Kesehatan
Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek (dua dari kanan) dan Presiden Direktur Metro TV Suryopratomo (dua dari kiri). Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek mengajak publik rutin mengecek kesehatan secara berkala. Pasalnya, saat ini, warga mudah terserang penyakit, terutama darah tinggi.

"Hipertensi naik 34 persen. Hampir 40 persen orang Indonesia kena hipertensi. Kasihan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Kalau semua hipertensi, nanti biaya akan mahal karena bisa sakit jantung," kata Nila di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 18 November 2018.

Dokter ahli penyakit mata itu pun mengapresiasi Metro TV yang peduli terhadap kesehatan masyarakat. Metro TV baru saja memberikan operasi katarak gratis.


"Terima kasih Pak Tomi (Presiden Direktur Metro TV Suryopratomo), operasi katarak gratis kemarin sebanyak 200 orang dari Metro TV. Jadi, engggak usah dibayar oleh BPJS," imbuh dia.

Tomi menjelaskan pemberian operasi katarak gratis itu dalah program dari Metro TV Berbagi. Program itu dilaksanakan Metro TV untuk merayakan ulang tahun ke-18. 

Baca: Porsi Makanan Sehat Versi Menkes

Menurut dia, penyakit katarak di Indonesia bertambah 1 persen setiap tahun. Ada sekitar 250 ribu orang Indonesia mengalami katarak. 

Dia menilai penyaikit ini rentan menimpa penduduk di tepi pantai, seperti nelayan. Pasalnya, nelayan sehari-hari menatap matahari dan tidak menggunakan kaca mata hitam.

"Dari 250 ribu, 170 ribu orang bertahan, sekitar 80 ribu orang membutuhkan bantuan. Metro TV tertarik untuk memberikan kontribusi dalam konteks bagaimana mencegah kebutaan karena katarak," pungkas Tomi.



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id