Tanaman ganja (Foto:Shutterstock)
Tanaman ganja (Foto:Shutterstock)

Alih Fungsi Ladang Ganja Tingkatkan Perekonomian

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 22 April 2019 12:08
Jakarta: Badan Narkotika Nasional (BNN) berencana menjalankan program Grand Design Alternative Development (GDAD). Program tersebut akan mengubah lahan ganja menjadi area pertanian produktif, agrowisata, dan lain sebagainya.
 
Program GDAD didukung sepenuhnya oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo karena dinilai bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.
 
"Lahan ganja seluas 25 hektare berhasil diubah menjadi lahan pertanian produktif seperti jagung," kata Ketua DPR yang akrab disapa Bamsoet, dikutip siaran persnya, Senin, 22 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Golkar itu mengungkapkan, banyak tantangan dalam menerapkan program GDAD. Salah satunya, mengubah ketergantungan sekelompok orang yang bergantung pada lahan gaja sebagai sumber pendapatan perekonomian.
 
Selain itu, pemberangusan lahan ganja juga tidak membuat efek jera. Sebab, para pelaku akan kembali membuka ladang baru.
 
Oleh karena itu, dia menyarankan agar program GDAD masif disosialisasikan kepada masyarakat. "Ini menunjukkan bahwa konsep pemberdayaan untuk pencegahan ternyata lebih jitu dilakukan ketimbang penindakan hukum,” kata Bamsoet.
 
Selain itu, Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini mencatat, program GDAD telah dijalankan di tiga kabupaten di Provinsi Aceh sebagai proyek percontohan, yakni di Aceh Besar, Gayo Lues, dan Bireun. DPR RI sangat mendukung penuh agar GDAD bisa diimplementasikan dengan baik.
 
“Kita akan koordinasikan agar berbagai kementerian dan lembaga bisa mendukung. Misalnya, Kementerian Pertanian dengan menyiapkan bibit dan pupuk, Kementerian PUPR dengan menyiapkan infrastruktur jalan dan irigasi, juga kementerian dan lembaga lain,” kata Bamsoet.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif