Bencana Palu Donggala dan Sigi

Korban Meninggal Mencapai 1.649 Orang

Fachri Audhia Hafiez 06 Oktober 2018 15:46 WIB
gempatsunamiGempa Donggala
Korban Meninggal Mencapai 1.649 Orang
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Medcom.id/Fachri.
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali merilis jumlah korban meninggal pasca gempa bumi dan tsunami di kawasan Sulawesi Tengah. BNPB mencatat korban meninggal terus bertambah.
 
"Jumlah korban yang meninggal dunia sampai tadi malam (5 Oktober 2018) mencapai 1.649 orang," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Matraman, Jakarta timur, Sabtu, 6 Oktober 2018.
 
Sutopo memerinci korban meninggal di daerah yang terdampak gempa dan tsunami. Korban meninggal di Donggala sebanyak 159 orang, Kota Palu 1.413 orang, Sigi 64 orang, Parigi Moutong 12 orang, dan Pasangkayu, Sulawesi Barat 1 orang.
 
Korban meninggal telah dimakamkan secara massal di beberapa lokasi. Sebanyak 628 jenazah dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Paboya, kemudian sebanyak 35 jenazah di TPU Pantoloan.
 
"Sebanyak 922 jenazah dimakamkan di pemakaman keluarga. Lokasi lain tempat pemakaman di Donggala 35 jenazah, Balaroa 10 jenazah, Petojo 10 jenazah, Biromaru delapan jenazah dan Pasang kayu satu jenazah," beber Sutopo.

Baca: Gardu Listrik di Kota Donggala 100% Menyala

Sementara itu 265 orang masih dinyatakan hilang, dan 152 orang masih tertimbun. Korban luka tercatat 2.549 yang dirawat di sejumlah rumah sakit.
 
Sutopo melanjutkan, jumlah korban diperkirakan masih akan bertambah. Dia mengimbau agar mewaspadai gempa susulan yang masih terus terjadi, meski intensitas guncangan tak besar.
 
"Kita berdoa semoga tidak ada gempa susulan yang lebih besar. Karena kita tidak bisa memprediksi secara pasti," ujar Sutopo.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id