Ilustrasi pesawat terbang. Foto: Antara.
Ilustrasi pesawat terbang. Foto: Antara.

Aturan Kerja Pilot dan Maskapai Diminta Dikaji Ulang

Nasional bisnis maskapai
Nur Azizah • 24 November 2019 11:36
Jakarta: Presiden Ikatan Pilot Indonesia (IPI) Iwan Setyawan meminta polisi mengusut tuntas penyebab meninggalnya kopilot maskapai Wings Air Nicolaus Anjar Aji Suryo Putro. Anjar ditemukan tewas gantung diri di indekosnya, Kalideres, Jakarta Barat, 20 November.
 
Anjar diduga bunuh diri setelah dipecat Wings Air. Iwan menyebut IPI akan menggelar audiensi dengan Komisi IX untuk meminta perlindungan profesi pilot.
 
"Ini juga terkait aturan kontrak kerja yang tertuang pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan," kata Iwan kepada Medcom.id, Jakarta, Minggu, 24 November 2029.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pilot Garuda Indonesia ini meminta Kementerian Perhubungan dan Kementerian Ketenagakerjaan meninjau ulang kontrak perusahaan dan pilot. Iwan menyebut kerja sama dua pihak itu tak sesuai ketentuan UU Nomor 13 Tahun 2003.
 
"Ini juga untuk membenahi sehingga tercapai kesetaraan hubungan kerja antara perusahaan dan karyawan," ungkap dia.
 
Iwan mengimbau seluruh pilot di Indonesia dan operator melakukan threat and error management untuk menghindari hal tak diinginkan terjadi. Langkah ini upaya bersama meningkatkan keamanan seluruh penerbangan.
 
Sebelumnya, Anjar diduga bunuh diri karena dipecat dan melanggar aturan izin cuti. Ia pun diminta membayar denda sebesar Rp7 miliar.
 
Corporate Communication Wings Air Mandala Prihartoro mengatakan perusahaannya telah menetapkan aturan kerja terhadap seluruh karyawan. Aturan ini sesuai ketentuan, keselamatan, dan keamanan penerbangan.
 
Wings Air juga membina awak kokpit yang melakukan tindakan indisipliner. Menurutnya, seluruh tindakan sudah sesuai dengan standar operasional prosedur.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif