Air merendam pemukiman warga di Kampung Duri Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Senin, 6 Januari 2020. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Air merendam pemukiman warga di Kampung Duri Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Senin, 6 Januari 2020. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Hujan Disertai Kilat Berpotensi Landa Jakarta Kamis Malam

Nasional banjir jakarta cuaca ekstrem Jakarta Banjir
Sri Yanti Nainggolan • 16 Januari 2020 18:40
Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini soal hujan di seluruh wilayah Jakarta. Hujan lebat disertai kilat diprediksi muncul Kamis, 16 Januari 2020, petang hingga malam.
 
BPBD DKI mengutip informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Hujan sedang-lebat yang disertai kilat dan angin kencang kemungkinan terjadi pukul 17.00-20.00 WIB.
 
"Untuk para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan siagakan PPSU (petugas prasarana dan sarana umum) dan satgas (satuan tugas) banjir," kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD DKI Mohammad Insaf dalam keterangan tertulis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pekerja Kontrak Luar Gedung (PKLG) Dinas Sumber Daya Air (SDA) di kecamatan juga diminta bersiap. Semua jajaran harus cepat menindaklanjuti bila ada genangan.
 
Sementara itu, data tinggi muka air per pukul 16.00 WIB menunjukkan belum ada pintu air yang berada pada siaga 1 (awas) dan siaga 2 (siaga). Pintu Air Pasar Ikan berada di siaga 3 (waspada).
 
Kebanyakan pintu air masih siaga 4 (normal). Kondisi ini terjadi di Pintu Air Katulampa, Depok, Manggarai, Karet, Krukut Hulu, Pasanggrahan, Angke Hulu, Waduk Pluit, Cipinang Hulu, Sunter Hulu, Pulo Gadung.
 
Sementara itu, seluruh kecamatan di Jakarta Pusat diprediksi dilanda hujan. Kawasan itu, yakni Cempaka Putih, Senen, Johar Baru, Gambir, Menteng, Tanah Abang, Kemayoran, dan Sawah Besar.
 
Enam kecamatan Jakarta Utara juga diguyur hujan. Wilayah ini meliputi Koja, Tanjung Priok, Pademangan, Penjaringan, Cilincing, dan Kelapa Gading.
 
Hujan juga rata mengguyur seluruh kecamatan di Jakarta Barat. Kecamatan ini mulai dari Palmerah, Kebon Jeruk, Kembangan, Tamansari, Tambora, Cengkareng, Kalideres, hingga Grogol Petamburan.
 
Kondisi serupa juga terjadi di Jakarta Selatan. Seluruh kecamatan berpotensi disiram hujan, yakni Kebayoran Lama, Cilandak, Pesanggrahan, Jagakarsa, Pasar Minggu, Pancoran, Tebet, Setiabudi, Mampang Prapatan, Kebayoran Baru.
 
Seluruh kecamatan di Jakarta Timur juga tak luput dari air, yakni Ciracas, Pasar Rebo, Cipayung, Makasar, Duren Sawit, Jatinegara, Kramat Jati, Cakung, Pulo Gadung, dan Matraman. Sementara itu, Kepulauan Seribu tak dilanda hujan.
 

 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif