Ilustrasi ibadah haji atau umrah. AFP
Ilustrasi ibadah haji atau umrah. AFP

1.280 Jemaah Ajukan Pengembalian Setoran Pelunasan Haji

Nasional haji ibadah haji
Fachri Audhia Hafiez • 15 Juli 2020 08:08
Jakarta: Calon jemaah haji yang mengajukan pengembalian setoran biaya pelunasan terus bertambah. Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) mencatat 1.280 jemaah mengajukan pengembalian biaya haji.
 
"Satu pekan terakhir, ada (sebanyak) 207 jemaah yang mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan. Jadi total ada 1.280 jemaah," ujar Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Muhajirin dalam keterangan pers, Rabu, 15 Juli 2020.
 
Muhajirin mengungkapkan setiap hari selalu ada jemaah yang mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan. Pengajuan pengembalian berkisar 24 sampai 69 orang per hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Provinsi dengan jumlah jemaah yang mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan terbanyak ialah Jawa Timur mencapai 243 orang. Kemudian Jawa Tengah 235 orang, Jawa Barat 180 orang, Sumatra Utara 75 orang, Lampung 61 orang, DKI Jakarta 48 orang, dan Banten 39 orang.
 
"Hanya Provinsi Maluku yang baru satu jemaah mengajukan permohonan. Sementara Maluku Utara dan Papua, masing-masing dua orang," ujar Muhajirin.
 
Baca: Pendaftar Haji Menurun 50 Persen Selama Covid-19
 
Kemenag memberi pilihan kepada jemaah untuk mengambil kembali setoran pelunasan haji. Kebijakan ini akibat dibatalkannya keberangkatan jemaah haji Indonesia 1441 Hijriah karena pandemi covid-19.
 
Jemaah yang ingin mengajukan pengembalian pelunasan bisa melalui kantor Kemenag kabupaten atau kota. Pengajuan itu nantinya diproses ke Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), dan Bank Penerima Setoran (BPS).
 
Setelah mendapat Surat Perintah Membayar (SPM) dari BPKH, BPS mentransfer dana ke rekening jemaah. Secara prosedur, proses ini berlangsung selama sembilan hari kerja sejak berkas permohonan dinyatakan lengkap oleh kKantor Kemenag kabupaten atau kota.
 

(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif