NEWSTICKER
Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto di Gedung Graha BNPB. Foto: BNPB
Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto di Gedung Graha BNPB. Foto: BNPB

Obat Chloroquine Tak Bisa Dikonsumsi Tanpa Resep Dokter

Nasional Virus Korona
Candra Yuri Nuralam • 22 Maret 2020 19:13
Jakarta: Pemerintah sedang memesan obatChloroquine dan Avigan untuk penanganan covid-19 atau korona. Namun, obat tidak dibenarkan dikomsumsi pribadi tanpa resep dokter.
 
"Tidak dibenarkan untuk minum sendiri untuk konteks pencegahan," kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 (virus korona) Achmad Yurianto di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu 22 Maret 2020.
 
Yuri mengatakan obat itu bukan untuk mencegah covid-19. Tetapi salah satu obat untuk proses penyembuhan pasien positif covid-19.Pasien yang mengonsumsi obat itu pun harus dalam pengawasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Obat ini atas resep dokter dan indikasi yang diberikan dokter," ujar Yuri.
 
Yuri mengatakan kedua obat itu sudah dimiliki Indonesia. Masyarakat yang tidak terpapar virus ini diminta tidak coba-coba meminumChloroquine dan Avigan.
 
Baca:Indonesia Pesan Jutaan Chloroquine dan Avigan untuk Pasien Korona
 
"Jaga imunitas diri masing-masing agar tetap bisa sehat, dan menjalankan aktivitas di rumah, bukan berarti kerja di rumah tidak melakukan apapun karena akan menurunkan imunitas kira," tutur Yuri.
 
Pemerintah Indonesia telah memesan dua juta obat Avigan untuk mengobati penderita korona. Pemerintah juga memesan tiga juta Chloroquine.
 
"(Saat ini) kita telah mendatangkan 5.000 avigan," kata Jokowi dalam telekomunikasinya di Istana Bogor, Jumat, 20 Maret 2020.
 
Avigan merupakan obat favipiravir (sejenis obat flu) yang dikembangkan Fujifilm Toyama Chemical. Sedangkan Chloroquine merupakan obat antimalaria.

 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif