Ilustrasi internet. Medcom.id
Ilustrasi internet. Medcom.id

Upaya Pemprov Bengkulu Mengatasi Masalah Jaringan Internet di Ratusan Desa

Nasional internet solusi internet APJII
Anggi Tondi Martaon • 21 Januari 2022 04:07
Jakarta: Pemerintah Provinsi Bengkulu berupaya mengatasi lemahnya jaringan internet di wilayah itu. Salah satunya menggandeng Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).
 
"APJII siap mendukung progran Pemprov Bengkulu untuk menguatkan infrastruktur digital berupa percepatan layanan internet di Bengkulu," kata Ketua Umum APJII, Muhammad Arif, melalui keterangan tertulis, Jumat, 21 Januari 2022.
 
Dia menyampaikan permasalahan internet dialami ratusan desa. Setidaknya 80 desa berstatus blank spot. Sedangkan jaringan internet di 30 desa berstatus lemah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arif mengungkapkan APJII dan Pemprov Bengkulu sudah menyepakati dua hal terkait penguatan jaringan internet. Pertama, program Indonesia Internet Exchange (IIX) yang telah berjalan di 14 provinsi di Indonesia.
 
Kedua, menumbuhkan pengusaha internet baru di Bengkulu dengan mengundang penyedia jasa dari luar Bengkulu. Hal itu dilakukan setelah prgram IIX terealisasi.
 
Arif berharap kolaborasi menghadirkan IIX bisa segera terwujud. Sehingga, upaya perbaikan kualitas jaringan internet di Bengkulu terealisasi dengan cepat.
 
"Semakin banyak penyedia jasa internet ini akan semakin mempercepat infrastruktur digital dan meningkatkan kualitas layanan internet kepada masyarakat Bengkulu," ujar dia.  
 
Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memastikan komitmennya merealisasikan IIX. Salah satunya melalui pembuatan Taman Budaya District Internet Exchange.
 
Fasilitas tersebut bakal dijadikan sebagai pusat pendistribusian internet. Serta menjadi tempat berkumpulnya pelaku penyedia jasa internet tidak cuma satu atau dua.
 
"Sehingga lebih kompetitif, lebih murah, dan layanannya bisa lebih baik,” kata Rohidin.
 
Baca: Pengurus APJII Periode 2021-2024 Terbentuk, Berikut Susunannya
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif