Beberapa warga diungsikan dari daerah yang terdampak banjir di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu, 16 Januari 2021. (HO Humas BNPB)
Beberapa warga diungsikan dari daerah yang terdampak banjir di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu, 16 Januari 2021. (HO Humas BNPB)

Bantuan Rp1,8 Miliar Didistribusikan ke Korban Banjir dan Longsor Sulut

Nasional bencana alam bencana banjir
Suryani Wandari Putri Pertiwi • 21 Januari 2021 05:47
Jakarta: Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi tiga titik banjir dan longsor di Kecamatan Ternate Tanjung, Malalayang, dan Mandolang, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Dalam kunjungannya, Mensos menyalurkan bantuan senilai Rp1.854.485.260 untuk penanganan bencana.
 
"Bantuan ada berupa barang, makanan, makanan untuk anak-anak, peralatan dapur, dan juga santunan ahli waris," kata Risma, Rabu, 20 Januari 2021.
 
Bantuan terdiri atas bantuan logistik tanggap darurat senilai Rp1.632.606.660 yang dikirimkan dari gudang pusat Kementerian sosial (Kemensos), sembako 500 paket senilai Rp100.000.000, dan perlengkapan pengungsian senilai Rp31.878.600. Perlengkapan tersebut mencakup mie Instan 50 dus, abon 50 kilogram (kg), dan perlengkapan lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Kemensos juga memberikan santunan bagi keluarga korban meninggal dunia. Keluarga dari enam korban meninggal mendapat santunan dengan nilai total Rp90.000.000.
 
"Kita selain memberikan bantuan dan santunan untuk keluarga korban, saya juga dapat laporan dari Wagub (Wakil Gubernur) dan Wali Kota untuk perbaikan infrastruktur, misal relokasi warga yang (berada di daerah) rawan bencana," kata Risma.
 
Menurut dia, masyarakat di daerah rawan longsor perlu dipindahkan ke tempat yang lebih aman mencegah potensi longsor dan banjir susulan. Menurut dia, struktur tanah di pengungsian tidak layak lagi dipakai untuk bermukim.
 
"Sehingga, saya usulkan rumah susun. Ini nanti yang saya usulkan ke Bapak Presiden Joko Widodo,"  kata Risma.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif