Presiden Jokowi melantik Kepala BNPB Doni Monardo--Medcom.id/Dheri Agriesta
Presiden Jokowi melantik Kepala BNPB Doni Monardo--Medcom.id/Dheri Agriesta

BNPB Butuh Kecepatan dan Ketepatan Kerja

Nasional bnpb
Achmad Zulfikar Fazli • 09 Januari 2019 15:58
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dikabarkan tidak lagi di bawah Presiden. Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto belum mau mengomentari kabar tersebut.

"Nanti kita tunggu keputusan yang baru. Saya kan belum baca," kata Wiranto di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.

Wiranto menekankan di manapun posisinya, tugas BNPB sangat berat dengan banyaknya bencana alam belakangan ini. Namun, BNPB diakui membutuhkan pengorganisasian dan rencana-rencana yang baru. Koordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga juga harus lebih diperketat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Karena kalau bencana itu kan penanganannya butuh kecepatan ya, butuh kecepatan, butuh ketepatan, dan butuh suatu koordinasi yang cepat," ujar mantan Panglima ABRI itu. Baca: BNPB Prioritaskan Rehabilitasi Empat Provinsi

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sebelumnya mengatakan akan ada revisi Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2008 tentang BNPB. Revisi itu untuk menempatkan BNPB di bawah Kemenko Polhukam.

Namun, Presiden Joko Widodo menegaskan BNPB tetap di bawah presiden pascarevisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1 Tahun 2019 tentang BNPB. Hal itu ditegaskan Jokowi usai melantik Letnan Jenderal Doni Monardo sebagai Kepala BNPB.
 
"Di bawah presiden. Tadi dilantik presiden dan (jabatan) setingkat menteri," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta.


(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi