Doni Monardo saat dilantik sebagai Kepala BNPB/Medcom.id/Dheri Agriesta
Doni Monardo saat dilantik sebagai Kepala BNPB/Medcom.id/Dheri Agriesta

Letjen Doni Diyakini Sigap Menghadapi Bencana

Nasional bnpb
Dheri Agriesta • 09 Januari 2019 10:54
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memerlukan sosok yang memiliki kepemimpinan kuat. Letjen Doni Monardo dianggap mampu bekerja sigap karena Indonesia masuk wilayah cincin api.

"Sehingga perlu manajemen yang kuat, membutuhkan kepemimpinan yang kuat untuk mengonsolidasi, mengoordinasi," kata Presiden Joko Widodo usai melantik Doni di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Januari 2019.

Kepala Negara mengatakan kepala BNPB harus mampu berkoordinasi dengan pemerintah pusat hingga daerah. Kepala BNPB juga harus bisa berkoordinasi dengan TNI dan Polri dari tingkat pusat hingga daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Saya melihat Pak Letnan Jenderal Doni orangnya," tegas presiden. Baca: Presiden Lantik Letjen Doni Sebagai Kepala BNPB

Jokowi membantah BNPB bakal berada di bawah Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan. BNPB tetap berada di bawah presiden.

Jokowi juga tak mempermasalahkan status Doni sebagai jenderal aktif. Presiden ke-7 Indonesia itu hanya ingin BNPB punya manajemen kuat.

"Tindakan cepat di lapangan," tegas Jokowi.

Presiden Joko Widodo melantik Letjen Doni sebagai kepala BNPB, hari ini. Doni menggantikan Laksmana Muda (Purn) Willem Rampangilei.

Pengangkatan Doni diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 5/P/2019 tentang Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Doni akan diberikan kewenangan dan pengelolaan keuangan setingkat menteri.




(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi