Peringatan HUT ke-64 Lalu Lintas Bhayangkara di Basket Hall kawasan Senayan, Jakarta, Minggu, 22 September 2019. Dok: Istimewa
Peringatan HUT ke-64 Lalu Lintas Bhayangkara di Basket Hall kawasan Senayan, Jakarta, Minggu, 22 September 2019. Dok: Istimewa

Wakapolri Apresiasi Capaian Kinerja Korlantas

Nasional polri lalu lintas wakapolri
Lukman Diah Sari • 22 September 2019 21:32
Jakarta: Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto meminta kinerja dan fungsi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri terus dipertahankan untuk mengawal dan mendukung pembangunan nasional. Kehadiran para personel lalu lintas jadi garda terdepan menjaga keamanan di tengah aktivitas masyarakat.
 
"Kepada seluruh personel Lalu Lintas Polri di manapun mereka bertugas, dalam momentum yang penuh kebahagiaan ini, saya menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan atas kinerja personel lalu lintas dalam memberikan pengabdian terbaik pada institusi, masyarakat, bangsa dan negara," kata Ari saat memberikan sambutan dalam acara HUT ke-64 Lalu Lintas Bhayangkara di Basket Hall kawasan Senayan, Jakarta, Minggu, 22 September 2019.
 
Ari memaparkan, peringatan hari Lalin Bhayangkara terkait erat dengan sejarah lahirnya fungsi lalu lintas pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Berdasarkan keputusan Kepala Jawatan Kepolisian Negara, 22 september 1955, seksi lalu lintas jalan dibentuk pada tingkat pusat yang berada langsung di bawah pimpinan tertinggi dan menjadi dasar peringatan hari Lalu Lintas Bhayangkara hingga saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada perkembangannya, lalu lintas memiliki fungsi penting dalam mendukung pembangunan nasional. Lalu lintas tidak hanya dipahami sebagai gerak pindah orang dan lawan. Namun juga gerak nadi kehidupan serta cermin budaya dan kemajuan bangsa," ungkapnya.
 
Menurut Ari, personel jajaran lalu lintas menjadi salah satu etalase Polri di mata publik. Mereka berada di garis terdepan yang langsung bersentuhan dengan seluruh lapisan masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan. Karenanya, performa dan kinerja lalu lintas memberi pengaruh penting dalam pembentukan kepercayaan publik terhadap Polri.
 
"Kita patut bersyukur dalam usia ke-64 jajaran lalu lintas Polri terus menunjukan capaian kinerja yang baik, berkontribusi besar dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dalam berbagai agenda internasional, nasional dan kegiatan masyarakat sepanjang 2018 dan 2019 mulai dari penyelenggaraan Asian Games, Asian Para Games, pengamanan Natal dan perayaan tahun baru serta pengamanan arus mudik dan balik Idulfitri," tuturnya.
 
Apresiasi positif dari masyarakat terhadap jajaran lalu lintas juga terus meningkat. Hal tersebut terkait dengan peningkatan kualitas layanan publik melalui modernisasi berbagai teknologi informasi seperti penyelenggaraan ETLE, penindakan pelanggaran lalin dengan tilang elektronik, pelayanan sim online, samsat online, dan berbagai layanan publik berbasis teknologi.
 
"Saya berharap berbagai capaian yang telah diraih tidak membuat jajaran Lalu Lintas Polri cepat berpuas diri, sbaliknya justru menjadi pemacu semangat dan kinerja seluruh personel, masih banyak tugas yang harus dihadapi baik aspek operasional maupun pembinaan," ucapnya.
 
Lebih lanjut, Ari meminta jajara lalu llintas sigap menghadapi tantangan tugas yg semakin kompleks. Inovasi cara kerja mendukung kelancaran aktivitas masyarakat juga dininta mengoptimalkan pelayanan lalul intas berbasi IT guna mendukung program road safety.
 
"Keberadaan SDM yg berkualitas menjadi keharusan, saya berpesan untuk terus mengembangkan kapasitas, tingkatkan pengetahuan dalam pelaksanan tugas," pungkasnya.
 

(BOW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif