Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengunjungi pengungsian korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Branda Antara
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengunjungi pengungsian korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Branda Antara

Temui Pengungsi Gempa Cianjur, Mendag Salurkan Bantuan Hingga Rp2,5 M

Antara • 27 November 2022 16:16
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengunjungi pengungsian korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Mendag menyalurkan bantuan yang terhimpun hingga total Rp2,5 miliar.
 
Bantuan yang diberikan berupa uang tunai Rp500 ribu per kepala keluarga (KK) dan sembako kepada korban gempa Cianjur.
 
"Total sudah kami kumpulkan Rp2,5 miliar ditambah Rp500 juta makanan. Itu dari teman-teman Kementerian Perdagangan," kata Mendag saat meninjau pengungsian warga terdampak gempa di Kampung Cikamuning, Desa Nagrag, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu, 27 November 2022.

Menurut dia, saat ini ada sejumlah bantuan yang dibutuhkan oleh pengungsi di antaranya makanan, selimut, hingga pakaian.

"Hari-hari ini butuh makanan, selimut dan sudah kami bantu sebagian. Ada beras, kornet, gula, obat-obatan, ada baju dalam, ada pakaian wanita," kata dia.

 

Baca Juga: 1.584 Tim SAR Cari 14 Korban Hilang Gempa Cianjur


Mendag juga menyalurkan bantuan berupa dana untuk para petugas keamanan dan relawan yang bertugas di daerah paling parah terdampak gempa di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Insyaalah kita masih cari lagi bantuan dana tunai, mudah-mudahan bisa sampai Rp5 miliar,"  jelas Mendag.
 
Temui Pengungsi Gempa Cianjur, Mendag Salurkan Bantuan Hingga Rp2,5 M
 
Mendag juga memberikan bantuan uang Rp300 juta kepada Bupati Cianjur Herman Suherman untuk dialirkan kepada korban terdampak gempa. Gempa berkekuatan 5,6 itu telah menelan korban jiwa hingga ratusan orang.
 
"Kita serahkan bantuan dari kami sebesar Rp300 juta, semoga dapat membantu warga Cianjur," kata Zulkifli.
 
Mendag mengatakan bantuan juga akan dialokasikan untuk rumah yang mengalami kerusakan berat, sedang, maupun ringan. Dia meminta masyarakat mengawal proses hingga pencairan agar dapat ditujukan untuk membangun kembali rumah yang diguncang gempa.
 
"Ya pemerintah kan menyiapkan Rp50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp25 juta untuk rumah yang rusak sedang dan seterusnya yang rusak ringan juga dapat bantuan," jelas dia.
 
Mendag Zulhas turut didampingi Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno dan sejumlah fungsionaris PAN yang terjun langsung menyapa masyarakat. Mereka memberikan sejumlah bantuan uang tunai dan sembako kepada warga terdampak gempa Cianjur.
 
Temui Pengungsi Gempa Cianjur, Mendag Salurkan Bantuan Hingga Rp2,5 M
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif