Biro Komunikasi Kemenkes
Biro Komunikasi Kemenkes

Kemenkes Kembangkan Wisata Kebugaran di 3 Provinsi

Theofilus Ifan Sucipto • 07 Agustus 2022 10:11
Jakarta: Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) tengah mendorong wisata kebugaran usai pandemi covid-19. Sektor tersebut diprediksi menjadi primadona.
 
"Di Indonesia, wellness tourism sedang dikembangkan di DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta), Solo, dan Bali,” kata Dante dalam keterangan tertulis, Minggu, 7 Agustus 2022.
 
Dante mengatakan setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. DIY fokus pada wisata pijat, meditasi, makanan sehat, dan budaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Solo mengedepankan jamu tradisional dan aromaterapi. Sedangkan Bali fokus pada pengembangan meditasi, makanan sehat, dan wisata alam.
 
"Konsep berwisata yang menyeimbangkan antara tubuh, pikiran, dan jiwa ini diminati karena diyakini mampu meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup seseorang menjadi lebih baik," ujar Dante.
 

Baca: Kasus Covid-19 Nasional Bertambah 5.455 dalam Sehari


Selain itu, beberapa rumah sakit (RS) di Indonesia sudah menyediakan gerai jamu tradisional. Kemudian, pelayanan pijat tradisional dan paket wisata yang terintegrasi dengan wisata alam.
 
"Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ini diharapkan dapat mendukung wisata kebugaran di Indonesia," kata Dante.
 
Dante menyebut pihaknya sudah menyusun strategi untuk memaksimalkan potensi tersebut. Mulai dari penyiapan 44 rumah sakit terakreditasi internasional, menyiapkan sumber daya manusia (SDM) andal, hingga penyediaan paket wisata.
 
"Selanjutnya mengembangkan layanan sistem informasi secara digital, layanan kesehatan online, robotisasi, dan telemedicine guna mempersingkat waktu pelayanan," kata dia.
 
(JMS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif