Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom/Desi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom/Desi

Calon Dirut Garuda Indonesia Harus Pintar Manajerial

Nasional Garuda Indonesia
Candra Yuri Nuralam • 12 Januari 2020 07:00
Jakarta :Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan posisi Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk tak harusberlatar belakang penerbangan. Terpenting,harus pintar manajerial dan bisnis.
 
"Sebenernya enggak sih ya (dari latar belakang penerbangan), justru manajerial, karena Garuda ini kan enggak ada masalah berkaitan teknis, dan pengelolaan, dan lain-lain, tapi mungkinaccounting, bisnis yang mungkin jadi penting," kata Budi saat peninjauan di Bandara Dewadari Karimunjawa seperti dikutip dari Antara di Jepara, Jawa Tengah, Minggu, 12 Januari 2020.
 
Menurut Budi, personalan teknis dan operasional bisa difokuskan kepada direksi. Permasalahan keselamatan penumpang pun tidak harus diatur direktur utama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagi kita direksi ada beberapa, untuk yangconcernitu ada di direktur operasional dan direktur teknik. Jadi, satu mandatori keselamatan, jadi dia akan berkaitan dengansafetydan itu tidak bisa diganggu gugat," ujar Budi.
 
Hingga saat ini belum ada usulan terkait calon direktur utama baru PT Garuda Indonesia. Budi meminta masyarakat sabar menunggu.
 
Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir sudah mengantongi nama-nama calon direksi dan komisaris PT Garuda Indonesia. Penetapan petinggi maskapai pelat merah itu akan berlangsung dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pekan depan.
 
"Sudah ada. Insya Allah hari ini direksinya sudah ada, jajaran komisaris masih minggu depan," katanya ditemui di Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020.
 
Erick mengaku tak bisa mempublikasikan nama calon direksi dan komisaris sebelum mendapat persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pemegang saham. Sebab, ini akan memengaruhi nilai saham di pasar modal.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif