Menpora Ajak Pemuda Buddha Tebar Kasih Sayang
Menpora Imam Nahrawi (Foto:Dok.Kemenpora)
Magelang: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi bersama Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Siti Hartati Tjakra Murdaya dan Murdaya Widyawimarta Poo, melepas karnaval para peserta Konferensi Internasional Pemuda Buddhis ASEAN di Kawasan Cagar Budaya Candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah, Selasa, 29 Mei 2018. 

Karnaval yang diikuti perwakilan para pemuda Buddhis se-Asia Tenggara ini menunjukkan kebersamaan dan menebar perdamaian serta kedamaian dalam peringatan Trisuci Waisak 2562 BE/2018. 

Rangkaian konferensi yang digelar pada 27-30 Mei itu mengambil tema Fostering World Peace Among Religious Community.' Diikuti sejumlah delegasi dari perwakilan dalam negeri 34 pemuda dari 34 provinsi, 10 pemuda Buddha ASEAN, 18 pemuda obersever lintas agama dari 13 negara, dan 10 pemuda lintas agama dari Yogyakarta.


"Ini adalah pertama kali saya mengikuti prosesi ini. Saya takjub dan hormat kepada seluruh hadirin, Walubi, dan khususnya para pemuda Buddha. Semoga ibadah Waisak berjalan dengan khidmat dan penuh kekhusyukan," ujar Imam, dalam keterangan tertulisnya.

Kegiatan ini telah dicanangkan Kemenpora sejak 2017, mengingat pentingnya kegiatan pemuda Buddha di Indonesia maupun di kawasan ASEAN untuk terus membangun dialog antar agama dan antar generasi muda lintas agama untuk mengibarkan semangat persatuan dan kebersamaan. 

"Pesan saya kepada seluruh umat Buddha dan khususnya delegasi konferensi pemuda Buddha, Anda sebagai generasi penerus bangsa, jadilah agen perubahan dengan cinta kasih sayang antar umat beragama, tebarkan kebajikan. Mari kita mulai dari diri sendiri," kata Imam. 

Karnaval yang terdiri atas rangkaian puluhan kendaraan hias dan ratusan pemuda serta ribuan umat Buddha dilepas Menpora dengan pengibaran bendera. Hadir Stafsus Bidang Kepemudaan dan Anggaran Anggia Ermarini, Asdep Peningkatan Imtaq dan Iptek Pemuda Hamka Hendra Noor, Sesdep Pemberdayaan Pemuda Eka Sukma Wijaya, Kapolda Jateng Condro Kirono, Direktur Bimas Buddha Supriyadi.



(ROS)