Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Benyamin. (Foto: Medcom.id/Theofillus Ifan)
Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Benyamin. (Foto: Medcom.id/Theofillus Ifan)

Macet Arus Mudik Diprediksi Terjadi di Jabar dan Jateng

Nasional Mudik Lebaran 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 22 April 2019 15:18
Jakarta: Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) telah memetakan wilayah rawan macet saat mudik lebaran. Dua titik dengan potensi tinggi macet berada di Jawa Barat dan Jawa Tengah.
 
"Di Jawa Barat terletak di Malangbong, Garut. Di Jawa Tengah ada di Pasar Tonjong, Brebes, tepatnya antara Pejagan sampai Purwokerto," kata Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Benyamin di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin 22 April 2019.
 
Untuk mengatasi kemacetan di Jawa Barat, kata dia, Korlantas Polri akan memberlakukan sistem buka tutup lalu lintas. Sedangkan di Jawa Tengah rekayasa pengalihan lalu lintas lebih diutamakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melalui Operasi Ketupat, Polri memastikan lalu lintas aman dan nyaman selama arus mudik dan balik. Metode buka tutup arus, contra flow, dan one way akan dilakukan untuk mengantisipasi membeludaknya jumlah kendaraan di jalan raya.
 
Baca juga:Permintaan Penerbangan Tambahan Menurun di 2019
 
"Sedangkan sistem ganjil genap masih kita kaji dengan berbagai pihak," kata dia.
 
Pemerintah terus melakukan persiapan operasi mudik lebaran yang akan berlangsung selama lima minggu lagi. Seluruh pemangku kepentingan diajak berdiskusi guna mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat.
 
"Kami secara intensif mengumpulkan stakeholder yang terdiri Kementerian, Polri, Basarnas, dan lain-lain. Ini agar masing-masing pihak mempersiapkan diri dengan baik," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantornya, Jakarta Pusat, Senin 22 April 2019.
 
Dia bersyukur pelaksanaan mudik dalam dua tahun terakhir berjalan dengan baik. Namun, kata Budi, seluruh pihak tidak boleh berpuas diri. Sarana dan prasarana harus dipersiapkan matang.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif