Mendagri Tjahjo Kumolo/Medcom.id/Surya Perkasa
Mendagri Tjahjo Kumolo/Medcom.id/Surya Perkasa

Kemendagri Buka Posko di Banten dan Lampung

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Fachri Audhia Hafiez • 24 Desember 2018 13:57
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengirimkan personel menangani korban tsunami Selat Sunda. Tim Pendampingan Pemulihan Penyelenggaraan Pemerintahan Kemendagri (Tim P4 Kemendagri) bertugas mendirikan posko untuk melengkapi peralatan dan logistik untuk korban.

"Sudah diberangkatkan masing-masing ke Banten 11 personel dan ke Lampung 8 personel," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin, 24 Desember 2018.

Baca: BMKG: Tsunami Disebabkan Longsoran Anak Krakatau

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Tim merupakan unsur Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan yang mencakup Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (Dit MPBK), Direktorat  Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat (Dit Satpol PP dan Linmas). Ditjen Bina Pembangunan Daerah (Ditjen Bangda) dan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Pemdes) juga diterjunkan. Baca: Korban Tsunami Banten Jadi 281 Orang

Tim akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten dan BPBD Provinsi Lampung. Mereka akan bertukar informasi soal perkembangan proses evakuasi.

"Sudah diterbitkan pula Radiogram Mendagri kepada Gubernur Jawa Barat dan DKI Jakarta untuk membantu bencana di Banten. Serta kepada Gubernur Sumatera Selatan dan Bangka Belitung untuk membantu bencana di Lampung," beber Tjahjo.

Eks Sekjen PDI Perjuangan itu juga memerintagkan Ditjen Dukcapil membuka posko di wilayah terdampak. Ia menunjuk langsung Dukcapil Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Lampung Selatan.

"Posko untuk melakukan membantu identifikasi korban dan pelayanan dokumen kependudukan termasuk akta kematian," ucap Tjahjo.




(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi