Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

LBM Eijkman: Terimalah Vaksin, Jangan Ditolak

Nasional Virus Korona vaksinasi vaksin covid-19 Media Group News Summit Indonesia 2021
Kautsar Widya Prabowo • 28 Januari 2021 09:00
Jakarta: Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Amin Soebandrio, mengatakan pandemi covid-19 bukan cuma masalah perseorangan, melainkan semua lapisan masyarakat. Ia meminta masyarakat siap disuntik vaksin covid-19. 
 
"Apabila vaksin sudah sampai untuk giliran kita untuk gunakan vaksin, terimalah vaksin itu. Jangan ditolak," ujar Amin dalam acara Media Group News (MGN) Summit: Indonesia 2021 dengan tema 'Public Health: Vaccine What to Expect?' di Grand Studio Metro TV, Jakarta Barat, Rabu, 27 Januari 2021. 
 
Menurut dia, masyarakat harus membantu pemerintah menyosialisasikan keamanan dari vaksin. Ke depan, dia berharap tidak ada lagi masyarakat yang ragu terhadap upaya pemerintah untuk keluar dari pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus sampaikan ke saudara kita untuk memperkecil persentase orang yang menolak vaksin," tutur dia. 
 
Baca: Media Group News Akan Cetak Buku Penanganan Covid-19 sebagai Acuan Pemerintah
 
Kekebalan tubuh yang diperoleh dari vaksin akan memberikan manfaat bagi diri sendiri dan masyarakat di sekitar. Hal ini membantu pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity) untuk mencegah penyebaran covid-19.
 
"Jadi herd immunity diharapkan memutus rantai penularan dan bisa kendalikan  pandemi," tutur dia. 
 
Herd immunity di suatu negara dapat tercapai bila rata-rata vaksinasi covid-19 mencapai 70 persen dari total populasi. Indonesia tengah mengejar target itu untuk keluar dari pandemi covid-19.
 
MGN Summit 2021 menjadi hybrid event untuk menemukan solusi di tengah pandemi. Acara yang mengambil tema "Solusi Maju Bersama" ini menggabungkan konsep off air dan on air yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, hingga para ahli. 
 
Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini ialah paparan hasil survei dari News Research Center (NRC) Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei ini menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit. 
 
Empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi (economic recovery), kesehatan masyarakat (public health), energi hijau (go green energy), dan pariwisata (tourism). Di luar empat tema besar itu, MGN Summit membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang baru covid-19.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif