Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-95 NU secara virtual, Sabtu, 30 Januari 2021. Foto: BPMI
Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-95 NU secara virtual, Sabtu, 30 Januari 2021. Foto: BPMI

Jokowi Mengaku Terus Ditagih Bangun Embung Setiap ke NTT

Nasional pemerintah infrastruktur pemerintah daerah presiden jokowi NTT
Nur Azizah • 23 Februari 2021 18:37
NTT: Presiden Joko Widodo mengaku selalu diminta untuk membangun embung setiap datang ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Jokowi menanggapi permintaan masyarakat dengan serius. 
 
"Permintaan itu betul. Jangan minta yang lain-lain karena kunci kemakmuran di NTT ini adalah air," kata Jokowi di Kabupaten Sikka, NTT, Selasa, 23 Februari 2021.
 
Jokowi mengatakan permasalahan NTT sekarang soal ketersediaan air. Hal ini yang menyebabkan sektor pertanian di NTT lemah. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Begitu ada air, semua bisa ditanam, tanaman tumbuh, buahnya diambil, daunnya bisa dipakai untuk peternakan karena di NTT juga sangat bagus untuk sektor peternakan," ujar dia. 
 
Menurut dia, NTT sempat terkenal dengan ekspor sapi ke luar negeri. Namun, saat ini pengiriman sapi ke luar negeri terhenti karena permasalahan air. 
 
"Kok berhenti? Ya karena memang kecukupan airnya kurang. Kita targetkan tujuh bendungan di sana," tutur Jokowi. 
 
Baca: Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Tambah Embung di Sumba Tengah
 
Bendungan yang sudah rampung dibangun ialah Bendungan Raknamu di Kabupaten Kupang dan Bendungan Rote di Kabupaten Belu. Teranyar, Bendung Napun Gate di Kabupaten Sikka baru diresmikan. 
 
"Alhamdulillah patut kita syukuri. Tinggal empat lagi dalam proses. Tapi pagi tadi Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat minta tambah dua lagi," kata Jokowi.
 
Kepala Negara memahami permintaan itu. Pasalnya, NTT salah satu provinsi yang paling membutuhkan pembangunan embung atau waduk. 
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif