Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

2 Skema Vaksinasi Covid-19

Nasional Virus Korona vaksin covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 12 November 2020 17:29
Jakarta: Pemerintah bakal membuat dua skema vaksinasi covid-19. Skema itu untuk memastikan vaksin dapat dijangkau seluruh masyarakat.
 
“Dua skema vaksinasi, yaitu vaksinasi bersubsidi dan vaksinasi mandiri,” kata juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jakarta Timur, Kamis, 12 November 2020.
 
Wiku mengatakan pemerintah tengah menggarap detail kedua skema vaksinasi. Mulai dari mempersiapkan masa vaksinasi, memperhatikan infrastruktmr pendukung, jalur distribusi, dan interval pemberian vaksin per wilayah. Pemerintah juga akan melakukan simulasi kepada tenaga kesehatan, tenaga keamanan, dan relawan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sehingga vaksin covid-19 bisa dibeli dengan harga terjangkau dan diakses seluas-luasnya,” ujar dia.
 
Wiku menyebut vaksin covid-19 akan diberikan kepada enam kelompok prioritas. Terdiri atas tenaga kesehatan, orang dengan riwayat penyakit tertentu, pekerja di layanan jasa esensial yang memiliki risiko paparan tinggi, masyarakat umum, tenaga pendidik, serta aparatur sipil negara (ASN) hingga anggota legislatif.
 
“(Vaksinasi kelompok prioritas) dengan pertimbangan risiko kesehatan yang lebih tinggi,” papar dia.
 
Baca: Demi Keamanan, Masyarakat Diminta Sabar Menanti Vaksin Covid-19
 
Sembari menunggu skema vaksinasi, pemerintah berupaya mengomunikasikan manfaat dan peta jalan pelaksanaan vaksinasi ke masyarakat. Pemerintah menggandeng tokoh masyarakat dan organisasi keagamaan untuk meluruskan isu kehalalan vaksin.
 
“Hal itu untuk meminimalisasi misinformasi dan hoaks (soal vaksin covid-19),” tutur Wiku.
 
Wiku mengingatkan masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sebelum vaksin diproduksi massal. Sebab, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak adalah jurus efektif mencegah penularan virus berbahaya itu.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif