Sejumlah siswa belajar ilustrasi. Medcom.id/Antonio
Sejumlah siswa belajar ilustrasi. Medcom.id/Antonio

Saran Kegiatan dari Psikolog untuk Orang Tua dan Anak di Rumah

Nasional Virus Korona
Theofilus Ifan Sucipto • 19 Maret 2020 13:47
Jakarta: Orang tua dan anak bisa melakukan sejumlah aktivitas selama bekerja dan belajar dari rumah. Kegiatan edukatif bisa membuat anak-anak tidak bosan dan mendapat ilmu selama di rumah.
 
“Buat aktivitas untuk keluarga. Bisa bikin proyek misalnya sama-sama memasak,” kata psikolog Universitas Indonesia Rose Mini Agoes Salim dalam teleconference di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Kamis, 19 Maret 2020.
 
Rose mengungkapkan kegiatan lain berupa memberi edukasi pada anak mengenai virus korona (covid-19). Misalnya, mengajarkan mencuci tangan yang benar dan berdiskusi soal virus korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menuturkan orang tua dan anak tidak harus melulu berkegiatan di dalam rumah. Terpenting, membuat psikologis anak tetap terjaga.
 
(Baca: Orang Tua-Sekolah Diminta Bersinergi Jaga Kejiwaan Anak)
 
“Buat suasana nyaman. (Kegiatan) tidak harus di meja makan. Bisa di kebun tapi tidak di halaman yang orang berlalu-lalang,” ujar Rose.
 
Pemerintah pusat mengampanyekan bekerja, belajar, dan ibadah di rumah. Ini dinilai efektif untuk mencegah penyebaran virus korona.
 
Data secara nasional, terdapat 227 pasien positif korona per Rabu, 18 Maret 2020. Sebanyak 197 pasien dirawat, 11 orang sembuh, dan 19 orang meninggal.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif